Minggu, 31 Juli 2011

Bill Gates Jual Saham untuk Mendanai Yayasan

Bill Gates diperkirakan bisa merengkuh USD 138 juta dari hasil penjualan 5 juta lembar saham miliknya di Microsoft. Nah, dana tersebut disebut-sebut akan digunakan untuk mendanai yayasan amal milik salah satu orang terkaya di dunia itu.

Bill & Melinda Gates Foundation merupakan yayasan yang dibangun Gates bersama istrinya sejak tahun 1994. Di yayasan inilah pendiri Microsoft itu lebih banyak menjalankan aktivitas filantropi usai melepas kesibukan di Microsoft.

Dalam 12 bulan terakhir, ditambah dengan aktivitas terakhir ini, Gates setidaknya sudah menjual lebih dari 90 juta lembar saham miliknya.

Gates masih menjadi pemilik dominan Microsoft. Sebab hingga sekarang masih memegang sekitar 500-an juta lembar saham.

Bill & Mellinda Gates Foundation sendiri memang terbilang ringan tangan dalam mengeluarkan koceknya untuk program amal. Terakhir, yayasan ini mengucurkan USD 42 juta untuk kalangan universitas yang akan digunakan untuk pembangunan toilet di sejumlah negara miskin.

Transaksi terakhir untuk penjualan 5 juta lembar saham Gates di Microsoft ini sendiri dilaporkan sudah didaftarkan di Securities and Exchange Commission.

Harga jual saham-saham tersebut diperkirakan berada di antara USD 27,20 - 27,98 per lembar. Artinya, total dana yang terkumpul bisa mencapai USD 138 juta.

Gates sendiri saat ini memang masih tercatat sebagai Chairman Microsoft. Namun sejak Juni 2008, ia terbilang sudah tidak aktif lagi di perusahaan yang berbasis di Redmond, AS itu.(detikinet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar