Jumat, 15 Juli 2011

LG Lahirkan 3D Monitor Tanpa Kacamata Pertama di Dunia

LG Electronics mengumumkan kehadiran D2000 sebagai 3D monitor tanpa penggunaan kacamata pertama di dunia. Perangkat ini mengadopsi teknologi sensor pelacakan mata (eye-tracking technology).

Adopsi teknologi baru pada monitor berdimensi layar 20 inch ini diklaim mampu mengoptimalkan tampilan efek 3D yang diterima pengguna meskipun dinikmati dari sudut pandang yang lebih lebar.
"LG selalu memiliki visi besar bahwa seluruh perangkat 3D nantinya akan dapat dinikmati tanpa bantuan kacamata pendukung.

Monitor D2000 ini merupakan sebagian masa depan yang siap di pasar saat ini," ujar Si-hwan Park, Vice President divisi monitor LG Electronics dalam keterangannya, Jumat (15/7/22011).

Lebih lanjut, ia mengatakan, pengembangan monitor LG D2000 didedikasikan sebagai monitor dengan kualitas kemampuan terbaik LG untuk mendukung media hiburan seperti menyaksikan gambar, film maupun reproduksi permainan komputer berbasis 3D.

Tak sekadar membebaskan pengguna dari kewajiban menggunakan kacamata 3D pendukung, monitor LG D2000 ini juga memiliki keistimewaan yang tak dimiliki perangkat 3D tanpa kacamata lain. Keistimewaan ini utamanya terletak pada posisi tubuh dan sudut pandang pengguna untuk mendapatkan gambar dengan efek 3D dari monitor.

Perangkat dengan teknologi 3D tanpa kacamata umumnya mewajibkan pengguna untuk tetap dalam posisi tubuh dalam sudut terbatas dan jarak tertentu untuk mendapatkan tayangan gambar efek 3D. Namun, inovasi teknologi sensor pelacakan mata (eye-tracking technology) monitor LG D2000 telah memberi kemajuan untuk mengatasi masalah ini.

Bekerja melalui kamera khusus yang melekat pada monitor, sensor eye-tracking ini akan mendeteksi perubahan posisi mata pengguna secara real-time. Dengan informasi ini, monitor LG D2000 akan menghitung sudut dan posisi tampilan gambar pada monitor untuk menyesuaikan dengan posisi tubuh seseorang di depan layar monitor yang memastikan pengguna akan mendapatkan efek 3D yang optimal.

Disamping keunggulan itu, monitor LG D2000 juga dilengkapi teknologi yang membuatnya mampu melakukan konversi format 2D ke format 3D. Adapun kehadirannya mulai tersedia di pasar Korea pada bulan Juli ini. Sayang LG masih malu-malu untuk mengungkap harganya.

"Dengan memiliki lini produk 3D yang lengkap mulai dari TV, laptop, proyektor dan smartphone, LG Electronics semakin mengukuhkan posisi sebagai pemimpin industri dalam perangkat 3D," pungkas Si-hwan Park.(detikinet.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar