Senin, 04 Juli 2011

Mengetahui Hari Pertama Sya'ban

 

 
Bulan Baru, lokasi pengamatan yang berbeda dan kalkulasi astronomi
 
Pertanyaan 1:
Bagaimana kita melihat bulan sabit Ramadan di Kerajaan Arab Saudi? Saya ingin tahu cara pengamatan hilal. Siapa yang bertanggung jawab untuk mengumumkan secara resmi penampakan hilal?
 
Pertanyaan 2:
Apakah siaran radio di kalangan Shar'y (hukum Islam) berarti bahwa seseorang dapat bersandar pada untuk memulai Sawm (Puasa) ketika diumumkan? Apakah siaran radio memenuhi persyaratan hukum yang dibutuhkan dalam saksi yang mengkonfirmasi pengamatan bulan baru untuk memulai Sawm mengamati berdasarkan pengumuman seperti itu?
 
Pertanyaan 3:
Apakah telepon dan telegraf dianggap resmi Shar'y sarana komunikasi yang dapat dipercaya dalam hal ini, walaupun salah satu tidak tahu orang yang berbicara atau orang yang mengirim telegraf?
 
Jawaban:
Disebabkan oleh pentingnya mengetahui hari pertama dari bulan Sya'ban karena yang berkaitan dengan bulan Ramadhan, Kementrian Kehakiman mengirimkan catatan diedarkan ke seluruh pengadilan selama bulan Rajab bahwa semua hakim harus menginformasikan orang-orang untuk melihat bulan sabit dari bulan Sya'ban.

Pada saat hari-hari terakhir pada bulan Sya'ban, otoritas tertinggi kehakiman di Kementerian Kehakiman menyelenggarakan pertemuan untuk mempelajari apa yang dikirimkan dengan kesaksian menyangkut pengamatan bulan sabit Sya'ban.

Sesudah mempelajari permasalahan ini, kekuasaan kehakiman mengeluarkan keputusan yang sesuai dengan apa yang secara hukum dikonfirmasikan berhubungan dengan hari pertama Sya'ban.

Dengan demikian, kita dapat menentukan malam hari di mana kita dapat melihat hilal bulan Ramadhan yang merupakan malam sebelum tiga puluh Sya'ban.

Konsekuensinya, catatan yang diedarkan dikirimkan ke seluruh hakim, yang, pada malam hari sebelum tiga puluh Sya'ban, menjadi baik-bersedia menerima saksi yang memberi kesaksian pengamatan hilal.

Setelah memverifikasi kesaksiannya untuk memastikan bahwa dia jujur, dan mendiskusikan dengan dia cara, tempat dan waktu pengamatan hilal dan pertanyaan lainnya

(Bagian No 10; Halaman Nomor 90)

yang meneguhkan bahwa dia adalah benar, hakim mengirimkan telegraf ke Kementerian Kehakiman tentang kesaksian ini.

Pada saat yang bersamaan, Mahkamah Agung Kekuasaan Kehakiman mengadakan pertemuan di kantor pusat Kementerian Kehakiman dalam rangka untuk mempelajari apa yang dikirim para hakim tentang hal ini.

Ketika dewan direksi yakin tentang pengamatan bulan baru dari bulan Ramadhan penuh berkat, mempersiapkan sebuah keputusan yang membenarkan pengamatan hilal.

Setelah penandatanganan Keputusan yang dibuat oleh otoritas kerajaan, keputusan tersebut diedarkan kepada seluruh hakim dalam rangka untuk memberitahukan seluruh masyarakat melalui siaran radio dan televisi.

Dengan kesaksian dari satu orang saja yang adil dan jujur sudah cukup untuk mengkonfirmasikan pengamatan bulan baru bulan Ramadhan.

Telah dilaporkan bahwa Ibnu Umar ra. mengatakan:

"Masyarakat dikumpulkan untuk melihat bulan baru, jadi saya menginformasikan kepada Rasulullah saw bahwa saya telah melihat itu. Dia saw berpuasa dan memerintahkan masyarakat untuk berpuasa." (HR. Abu Dawud dan Al Daraqutny).

Sedangkan untuk berita yang disebarkan oleh siaran radio atau telegram menyangkut pengamatan hilal, membenarkan permulaan atau akhir bulan, mereka dapat diterima menjadi sumber informasi yang dapat diandalkan.

Ada beberapa yang berkaitan dengan pemerintah dan tak seorang pun berani untuk membuat kebohongan atau menambah atau menghapus bagian manapun dari berita tersebut. Para pejabat digunakan untuk membiayai perhatian yang besar tersebut berarti yang berkaitan dengan akurasi mutlak dalam menyampaikan pesan maupun berita.

(Bagian No 10; Halaman Nomor 91)

Oleh karena itu, kita dapat menerima berita ditayangkan melalui lembaga penyiaran.

Sedangkan untuk pesawat telepon, perlu banyak verifikasi dan investigasi mengenai orang yang menyampaikan berita tersebut kepada Anda sehubungan dengan kejujuran dan keakuratan dalam melaporkan berita. Telepon bukanlah seperti radio atau sarana lain yang dapat dipercaya, karena telepon adalah sebuah perangkat umum digunakan.

Semoga Allah SWT menganugerahi kita sukses! Semoga kedamaian dan rahmat atas Nabi Muhammad saw, keluarganya, dan para sahabatnya!

Deputi Ketua:
`Abdul-Razzaq `Afify

Anggota:
`Abdullah ibn Ghudayyan
`Abdullah ibn Mani`

(alifta.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar