Sabtu, 23 Juli 2011

Pemerintah Saudi Perluas Masjid Haram Makkah

Pemerintah Arab Saudi tengah merenovasi Masjid Haram Makkah dengan membangun sebuah gerbang besar “King Abdullah Gate” dan dua menara. Diharapkan gerbang dan salah satu menara sudah bisa digunakan pada hari pertama Ramadhan, 1 Agustus 2011.

Menurut Komite Pembangunan Dua Masjid Suci, renovasi itu akan mengubah wajah Masjid Haram. Dengan sejumlah perubahan, diperkirakan masjid ini nantinya mampu menampung tambahan jamaah sebanyak 500 ribu orang. Sisi utara dan barat laut masjid diperluas untuk jamaah shalat.

Perluasan masjid mengorbankan gunung Jabal al-Ka’aba yang kena pangkas. Namun, hal itu membuat kapasitas Masjid Haram nantinya sanggup menampung 1,2 juta orang pada saat shalat berjamaah.

Proyek perluasan itu akan memunculkan bangunan baru di Kompleks Masjid Haram yang dihubungkan oleh dua gerbang raksasa dengan kompleks utama masjid. Jamaah dari bangunan baru yang ingin ke Ka’bah nantinya harus melewati lapangan di sisi barat laut masjid.

Selain bangunan, perluasan masjid juga akan mencakup penyediaan fasilitas umum, meliputi tempat air zam zam, tempat sampah, pos keamanan, eskalator, dan jembatan.(DDHK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar