Rabu, 13 Juli 2011

Sya'ban, Bulan Yang Terabaikan

(Bagian No 2; Halaman Nomor 506)

(Bagian No 2; Halaman Nomor 507)

Bid'ah-bid’ah yang diperkenalkan dalam berpuasa

(Bagian No 2; Halaman Nomor 508)

Hukum berpuasa di hari tertentu di Rajab

Pertanyaan pertama dari Fatwa no. 2608

Pertanyaan 1: Ada beberapa hari yang di sunnahkan untuk berpuasa di bulan Rajab. Apakah hari-hari itu ada di awal, tengah, atau akhir bulan?

Jawaban: Tidak ada hadis shahih yang spesifik tentang keutamaan Puasa di bulan Rajab, kecuali bahwa yang terkait oleh Al-Nasa'y dan Abu Daud, dan menempati peringkat Sahih (otentik) oleh Ibnu Khuzaymah, atas otoritas Usamah yang berkata:

"Saya bertanya, 'Yaa Rasulullah! Saya belum pernah melihat Engkau berpuasa dalam waktu satu bulan sebanyak yang Engkau lakukan dalam Sya'ban.' Beliau SAW berkata, 'Ini adalah sebuah bulan antara Rajab dan Ramadhan dimana orang mengabaikan. Ini merupakan bulan di mana perbuatan diangkat kepada Tuhan semesta alam, dan saya menyukainya bahwa perbuatan saya akan diangkat jika saya berpuasa.'".

Hadis Umum yang menyebut tentang dorongan berpuasa selama tiga hari tiap bulan; Hadis berbunyi: "Sahabatku (Nabi Muhammad, SAW) menyarankan agar aku untuk memperhatikan ketiga hal: untuk berpuasa tiga hari dalam sebulan, dll", Al-HR Bukhari, Fat-h-ul-Bary, tidak. 1981; Muslim no. 721, Abu Daud, no. 1432, Al-Tirmidhy, no. 760, Al-Nasa'y, Al-Mujtaba, vol. 3, hal 229, dan Ibnu Khuzaymah;

Sahih, no. 2123 dari Hadis riwayat Abu Hurairah. Berpuasa di Hari Putih

(Bagian No 2; Halaman Nomor 509)

yang adalah 13, 14, dan 15 tiap bulan (lunar) Hijri; Dalam hadist berbunyi:"Apabila Anda akan berpuasa tiga hari dalam sebulan, maka berpuasa pada tanggal tiga belas, empat belas dan kelima belas hari"; Al-Nasa'iy, Al-Mujtaba, jilid 4, hlm 222 dan.. 224;. Al-Tirmidhy, no 761 dan dia mengatakan itu adalah Hadis Hasan atas otoritas Abu Dzar, diriwayatkan oleh Abu Daud, no 2449,.. dan Al-Nasa'y, jilid 4, hlm 224 dan 225, dari Hadis yang diriwayatkan oleh Qatadah.

Puasa di Bulan Suci; dan puasa tiap Senin dan Kamis.

The same applies to the month of Rajab.

Bila Anda tertarik untuk memilih beberapa hari untuk berpuasa, Anda bisa berpuasa pada Hari Putih, atau Senin dan Kamis.

Jika tidak, hal ini terbuka untuk pilihan puasa pada waktu lainnya.

Sedangkan untuk mempersembahkan hari-hari tertentu di bulan Rajab untuk berpuasa, kami tidak mengetahui adanya dasar untuk itu dalam syari'ah (hukum Islam).

Semoga Allah SWT menganugerahi kita sukses! Semoga kedamaian dan rahmat atas Nabi Muhammad saw, keluarganya, dan para sahabatnya!

Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Fatwa

Ketua:
`Abdul-`Aziz ibn `Abdullah ibn Baz

Deputi Ketua:
`Abdul-Razzaq `Afify

Anggota:
`Abdullah ibn Ghudayyan
`Abdullah ibn Qa`ud

(alifta.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar