Rabu, 17 Oktober 2007

Pakar Saudi: Idul Fitri Jatuh 13 Oktober

Pakar astronomi Arab Saudi menyatakan Sabtu bahwa berdasarkan perhitungan falak (astronomi), Idul Fitri 1428 akan jatuh pada Sabtu tanggal 13 Oktober.

Menurut Dr. Ali Bin Mohamed Al-Shukri, pengajar di Universitas King Fahd, iqtiran (kedekatan) antara matahari dan bulan akan terjadi pada Kamis (11/10) pada pukul delapan pagi lewat dua menit.

"Dengan demikian, kelahiran bulan baru (bukan munculnya bulan sabit) akan terjadi pada hari Kamis sekitar satu menit sebelum matahari tenggelam," kata Al-Shukri seperti dikutip pers setempat.

Karena itu, berdasarkan perhitungan falak, tidak memungkinkan untuk melihat hilal (bulan sabit) pada saat matahari tenggelam pada Kamis malam karena tidak muncul di ufuk, sehingga hari Jumat tidak mungkin sebagai awal Idul Fitri.

Hilal akan dapat dilihat pada Jumat malam karena pada saat matahari tenggelam bulan sabit berada pada ketinggian enam derajat di atas ufuk. Pada saat itu umur hilal tersebut 36 jam atau 2 persen dari total bulan purnama, katanya.

Akan tetapi setelah dilakukan Rukyat pada kamis malam diseluruh wilayah Kerajaan Arab Saudi, diputuskan dan ditetapkan oleh Mahkamah Qadha' Tertinggi Dewan Syari'ah Tertinggi Kerajaan Arab Saudi untuk meralat bahwa 'Idul Fitri 1 Syawwal 1428 H yang pada awalnya diperkirakan jatuh pada hari Sabtu 13 Oktober 2007 M diralat menjadi hari Jum'at tanggal 12 Oktober 2007 M, karena ternyata ijtimak/hilal telah terjadi/terlihat.(inilah kekuasaan Allah SWT yang berkuasa mengatur peredaran bulan menurut kehendak-Nya)

Keputusan tersebut di ambil berdasarkan kriteria yang dipakai di Kerajaan Arab Saudi , yaitu kriteria Wujudul Hilal yang menyatakan bahwa: "Jika setelah terjadi ijtimak, bulan terbenam setelah terbenamnya matahari maka malam itu ditetapkan sebagai awal bulan Hijriyah.", dan kriteria Ijtimak Qablal Ghurub yang menyatakan bahwa: "Jika ijtimak terjadi sebelum waktu maghrib maka esoknya adalah bulan baru.".

Source: ANTARA News dan lalu.sasak.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar