Rabu, 22 April 2009

Ongkos Haji Tidak Naik


Meski perolehan pemondokan di Makkah dan Madinah sudah rampung, hal itu tak berimplikasi kepada kenaikan pagu BPIH atau ongkos naik haji, sehingga diharapkan tidak ada kenaikan atau biaya tambahan bagi calon jemaah haji pada musim haji 1430/2009 M.

Menurut Menteri Agama Maftuh Basyuni, minimal seperti tahun lalu tidak ada kenaikan BPIH. “Memang ada kenaikan pagu biaya pondokan yang pada tahun lalu 2000 real per orang per musim haji, namun sekarang besarannya mencapai 3000 real. Paling rendah sekitar 2200 real,” ujar Maftuh, kemarin di Jakarta.

Menag sebelumnya menjelaskan bahwa ia bersama rombongan mengunjungi tanah suci, Arab Saudi dan Iran. Di Arab Saudi, Menag mengecek perolehan pondokan haji di Makkah dan Madinah. Pengadaan pondokan bagi jemaah haji Indonesia untuk musim haji 1430 H/2009 M di kota Mekkah sudah rampung 100 persen.

Sebanyak 26 persen pondokan berada di ring I berjarak 2000 m, dan ring 2 berjarak paling jauh 7000 m dari Masjidil Haram.

Untuk ring 1 paling jauh berjarak dua km dan ring 2 paling jauh tujuh km, kata Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Abdul Gafur Djawahir di Jakarta, Rabu (15/4).

Jika tahun lalu jemaah haji Indonesia berada di ring satu sebanyak 18 persen, kini meningkat menjadi 26 persen. “Harusnya bisa mencapai 30 persen, tapi itu sulit dicapai karena pondokan di sekitar Masjidil Haram makin langka,” katanya.

“Saat ini Perluasan Masjidil Haram makin gencar,” kata Abdul Ghafur.

Masalah pondokan haji di Makkah makin kompleks lantaran pemerintah Kerajaan Arab Saudi memperluas kawasan Masjidil Haram. Dampaknya, pondokan terdekat dari masjid terbesar di dunia itu banyak terkena gusuran.

Beberapa negara muslim berupaya mendapatkan pondokan yang jaraknya dekat dengan Masjidil Haram. Persaingan pun makin ketat.

“Kita tak mungkin bersaing dengan negara muslim yang punya anggaran lebih besar, seperti Aljazair,” ia menjelaskan.

Pada penyelenggaraan haji tahun lalu, ia mengakui ada kenaikan BPIH sebagai dampak melambungnya harga bahan bakar. Jika saja tak ada kenaikan BBM lagi, dapat dipastikan tak ada kenaikan ongkos haji tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar