Selasa, 21 Oktober 2008

Pertemuan Investor Saudi Binladin Group dengan Tim Percepatan Investasi disektor pertanian


Di ruang rapat Menteri Pertanian RI pada tanggal 12 Agustus 2008 telah berlangsung pertemuan antara Investor Saudi Binladin Group (Mr. Abu Alhamid (Managing Direktor Saudi Binladin Group), Shikh Hasan M. Bin Ladin, Mr. Akbar Mowalla, Mr. Salem Al Jabri, Mr Farauk Shebubakar Bensalem), dengan Bapak Menteri Pertanian RI dan Tim Percepatan Investasi disektor Pertanian. Kedatangan Investor Saudi Binladin Group ke Jakarta adalah atas undangan Menteri Pertanian melalui Putra Mahkota Raja Arab Saudi, bermaksud melihat kemungkinan investasi disektor pertanian khususnya agribisnis dikarenakan potensi kekayaan alam Indonesia yang sangat melimpah.

Pada kesempatan pertemuan tersebut Tim Percepatan Investasi disektor Pertanian Departemen Pertanian telah menyampaikan paparan rencana pengembangan tanaman pangan wilayah Merauke dan merekomendasikan sebagai lahan untuk pengembangan tanaman pangan (food easte), Kegiatan yang akan dilaksanakan merupakan salah satu alternative program terintegrasi antara pemenuhan bahan pangan dan bahan energi yang disebut Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE). Pada akhir dari kegiatan ini, merupakan bagian usaha Kabupaten untuk menjadi pusat produksi khususnya pangan nasional di daerah Indonesia bagian timur pada tahun 2010. Sebelumnya, sudah ada lima investor lokal yang berminat berinvestasi di Merauke mereka adalah Group Medco, PT. Bangun Cipta Sarana, PT. Wolo Agro Makmur, PT. Comexindo dan PT. Digul Agro Lestari.

Pada konperensi Pers yang berlangsung setelah presentasi MIFEE oleh Tim Percepatan Investasi, DR. Alwi Shihab menyampaikan bahwa: Binladin Group adalah kelompok usaha yang melaksanakan beberapa proyek strategis dari pemerintah Arab Saudi. Mereka bukan hanya berminat, tetapi sudah memutuskan untuk melakukan investasi agribisnis dilahan potensi minimal seluas 500.000 hektar dengan nilai investasi senilai 4,3 milyar dollar.

Pertemuan ini diakhiri dengan penandatanganan Minutes of Meeting antara Sekretaris Jenderal Departemen Pertanian dangan Mr. Hasan M. Binladin the Saudi Binladin Group yang menyatakan bahwa pihak Departemen Pertanian akan mengundang pertemuan selanjutnya untuk membicarakan hal-hal penting seperti: rencana penyusunan feasibility study tentang kondisi lahan dan berbagai keperluan investasi, menyiapkan semua bahan dan informasi tentang investasi pertanian yang diperlukan untuk kerjasama. Pihak Saudi Binladin Group akan mengirimkan tenaga ahli pertanian dan tenaga ahli keuangan yang diperlukan dalam waktu dekat untuk merealisasikan investasi tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar