Selasa, 21 Oktober 2008

Saudi turunkan harga minyak

Saudi Aramco, perusahaan minyak milik negara terbesar di dunia, menurunkan harga ekspor minyak mentah untuk tujuan AS pada November.

Aramco mengurangi harga minyak mentah jenis Extra Light hingga US$30 sen menjadi US$3,40 per barel di bawah harga West Texas Intermediate, ungkap perusahaan yang berbasis di Dhahran,
Saudi itu dalam pernyataannya.

Aramco juga memangkas harga minyak mentah jenis Arab Light hingga US$20 sen menjadi US$5,25 per barel. Perusahaan itu juga memberikan diskon untuk jenis Arab Medium hingga US$10 sen menjadi US$8,00 per barel. Arab Heavy tetap di level US$10,15 per barel.

Untuk tujuan Eropa baratlaut, Aramco menaikkan harga minyak mentah jensis Extra Light hingga US$15 sen menjadi US$1,60 per barel. Perseroan juga meningkatkan harga jenis Light hingga US10 sen menjadi US$4,45. Medium diturunkan hingga US10 sen menjadi US$7,30 dan Heavy sampai US$20 menjadi US$9,20.

Perusahaan Arab itu juga menurunkan semua harga minyak mentahnya untuk tujuan Mediterranean hingga US$40 sen-US$85 sen. Minyak mentah Saudi untuk tujuan Eropa dihargai dengan harga rata-rata kontrak Brent.

Untuk tujuan Asia, Aramaco memberikan potongan harga untuk minyak jenis Super Light, Extra Light dan Light crude hingga masing-masing US$1,35, US$1,10 dan US65 sen. Harga Arab Medium dan Arab Heavy juga diturunkan masing-masing US40 sen. Harga untuk tujuan Asia itu dihargai dengan rata-rata minyak Oman dan Dubai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar