Senin, 03 Januari 2011

Gubeng-Bandara Juanda akan Dilayani Kereta Listrik

Dalam waktu dua tahun ke depan, Surabaya bakal punya akses jalan kereta api dari Stasiun Gubeng menuju ke Bandara Internasional Juanda. Jalan Kereta Rel Listrik (KRL) elevated itu akan membawa penumpang langsung turun di bandara Internasional Juanada, Surabaya.
"Dibangun di atas jalur rel yang sudah ada," kata Humas PT KA Daops VIII, Sri Winarto, kepada wartawan di kantor PT KA Daops VIII, Jalan Gubeng Masjid, Senin (3/1/2011).

Winarto mengungkapkan bahwa pembangunan akses jalan kereta langsung ke bandara merupakan suatu standar akses jalan di suatu negara. Negara-negara maju seperti Jepang dan Singapura sudah mengaplikasikannya sehingga para penumpang yang akan menumpang pesawat bisa dengan mudah mencapai bandara.

"Selama ini akses ke bandara hanya dilakukan motor dan mobil. Pembangunan ini adalah jalur alternatif menuju bandara," tutur Winarto.

Karena jalur alternatif, kata Winarto, maka pembangunan akses jalan kereta ke bandara Juanda diharapkan bisa mengurangi kepadatan dan kemacetan jalan raya. Menurut Winarto, proyek ini merupakan proyek Kementerian Perhubungan dan yang ditunjuk untuk menghadirkan sarana dan prasarana adalah Dirjen KA. Selain Surabaya, Jakarta juga akan memulai proyek ini dengan rute Gambir ke bandara Soekarno Hatta.

"Proyek ini dimulai 2011 dan diharapkan selesai pada 2013. Investasinya saya tidak tahu. Saat ini sedang proses lelang siapa investor yang membangun," lanjut Winarto.

Menurut detil rancangannya, terang Winarto, jalur KRL ini dibangun mulai Gubeng-Sidotopo-Wonokromo- Waru-Sawo Tratap-Juanda. Selain itu juga akan dibangun jalur kereta double track sepanjang 22 km. Rencananya 4 perjalanan dengan menggunakan minimal 5 rangkaian KRL, tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar