Kamis, 06 Januari 2011

Samsung Memulai Debut Memori DDR4 untuk Komputer

Memori DDR4 sudah cukup lama digunakan pada jajaran kartu grafis papan atas. Nah, kini Samsung berhasil membuat memori jenis tersebut untuk pengguna komputer menggantikan keluarga DDR3 yang saat ini beredar.
Samsung, salah satu pemain utama di industri chip dunia telah memamerkan modul memori pertama berbasis DDR4. Produk ini memiliki beberapa perubahan yang cukup mencolok dibanding dengan generasi sebelumnya.

DDR4 memiliki transfer data yang mencapai 2,133 gigabits per detik (Gbps) di 1,2V. Sedangkan generasi sebelumnya (DDR3) berada pada 1,35 V dan 1,5V dengan rata-rata transfer data sebesar 1,6Gbps. Ini berarti, selain lebih cepat DDR4 juga lebih hemat daya.

Memori DDR4 juga diklaim telah mengadopsi Pseudo Open Drain (POD), yakni teknologi memori kartu grafis yang memiliki kecepatan baca/tulis yang lebih baik dari memori komputer pada umumnya, sehingga performanya dijanjikan tidak kalah hebat.

Samsung menjadwalkan memori DDR4 bakal tersedia mulai tengah tahun 2010 menggantikan DDR3 yang telah lama beredar. Namun sayangnya belum ada bocoran harga untuk membawa pulang produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar