Kamis, 24 Maret 2011

Arab Saudi Larang Sekolah Jual Junk Food

Departemen Pendidikan Arab Saudi, Senin (21/3), telah melarang penjualan junk food atau makanan tak sehat dan minuman manis di semua sekolah umum di negeri tersebut. Item yang dilarang termasuk kue, cokelat, keripik, permen karet, minuman dan makanan kaleng, jus buah, minuman bersoda dan hidangan daging, termasuk hati. Urutan larangan juga mencakup berbagai macam kue-kue.
Kantin sekolah dilarang menjual junk food dan suplai hanya memperbolehkan makanan sehat dan seimbang bagi tubuh kepada siswa. Seorang ahli diet di Jeddah, Fatimah Bukhari, menekankan pentingnya mendidik anak tentang gizi dan makan makanan seimbang dan belajar kebiasaan makanan sehat. Mereka juga harus bisa membedakan antara makanan yang baik dan berbahaya.

Menurut Fatima, munculnya gaya hidup modern membuat anak mengonsumsi makanan olahan dan makanan yang banyak mengandung gula, minyak dan lemak. Semua ini menimbulkan krisis kesehatan bagi anak-anak di sekolah.

"Semua ini jika tidak diperhatikan, akan menimbulkan berbagai penyakit seperti diabetes pada anak. Bukan mustahil mendekati tingkat endemik di Arab Saudi," ujar Fatima.

Ia pun merekomendasikan bahwa Departemen Pendidikan harus melanjutkan pasokan makanan sehat dan seimbang. Terutama bagi siswa-siswa di sekolah dasar dan menengah.(Liputan6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar