Kamis, 22 September 2011

Surabaya Raih 3 dari 4 Kategori Penghargaan di Ajang Smart City Award 2011

Lambang Kota Surabaya
Warta Ekonomi mengadakan malam penganugrahan Smart City Award 2011, Kamis (22/09) bertempat di Hotel Shangrilla Jakarta. Smart City Award adalah ajang penghargaan dari majalah Warta Ekonomi dan Warta eGov yang ditujukan kepada kabupaten atau kota yang telah mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tatanan kehidupannya sehingga menciptakan kota yang pintar.

Dalam ajang tersebut Surabaya meraih 3 dari 4 penghargaan yaitu Smart Governance, Smart Living dan Smart Environment menyisihkan 59 peserta lainnya yang berasal dari 33 propinsi di Indonesia. Sebagai bagian dari penjurian tersebut, tim penilai dari wakil Redaksi Majalah Warta Ekonomi dan Warta eGov melakukan kunjungan ke Surabaya pada Bulan Juli yang lalu, untuk melihat seberapa jauh pengimplementasian konsep kota pintar.

Adapun faktor dan indikator yang dinilai dan menjadi penentu kemenangan di ajang tersebut adalah sebagai berikut:

A. Smart Government, meliputi:
  1. Participation in Decision Making (Rencana Strategis TIK, Keterlibatan Publik dalam Pengambilan Keputusan, Sistem Administrasi Kependudukan, Sistem Administrasi Perijinan, Partisipasi Warga, Sistem Monitoring Area Publik)
  2. Public Services
  3. Transparent Governance
B. Smart Living, meliputi:
  1. Education Facilities (Penerimaan Murid Baru Online, SIM Sekolah Online, Portal Pariwisata, CCTV Pemantau Lalu Lintas, Traffic Management Center, Kerjasama antar Instansi terkait eGov, Kerjasama dengan Swasta terkait eGov, Fasilitas wifi gratis di tempat publik)
  2. Touristic Attractivity
  3. ICT Infrastructure Availability
C. Smart Environment, meliputi:
  1. Sustainable Resource Management (Sistem Peringatan Dini Bencana/Early Warning System, Sistem Pengolahan Sampah Berbasis TI, Sistem Monitoring Air Berbasis TI)
Malam penganugrahan Smart City Award 2011, diagendakan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri bersama dengan Menteri Komunikasi dan Informatika. Selain itu, Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini, MT juga hadir untuk menerima penghargaan sekaligus menjadi keynote speaker dalam Seminar yang digelar Kamis (22/09) pagi.

Penghargaan Smart City 2011 untuk Surabaya membuktikan kesuksesan pengimplementasian konsep kota pintar yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi. Melalui konsep kota pintar tersebut, Surabaya mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik sehingga menjadi lebih cepat, transparan, dan akuntabel.(www.surabaya.go.id).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar