Minggu, 12 Agustus 2007

Wabah Kolera Menghantui Arab Saudi

Wakil Menteri Kesehatan Kerajaan Arab Saudi untuk urusan penyakit menular, Dr. Khalid Az-Zahrani, menyebtkan bahwa pihaknya kini tengah mewaspadai wabah kolera yang tengah mewabah di beberapa negara tetangga.

Hal ini dikemukakan Az-Zahrani seperti yang dikutip harian Al-Watan edisi Selasa, 5 September hari ini. Berdasarkan data badan kesehatan sedunia, wabah kolera kini tengah menjangkit di Nigeria dan Sudan, dua negara yang selama ini memiliki babnyak jemaah haji dan umrah ke Arab Saudi.

Pemerintah Arab Saudi memantau kasus wabah ini melalui bandara, pelabuhan, dan perbatasan lainnya dengan mengharuskan setiap jemaah yang datang dari dua negara itu membawa sertifikat bebas kolera. Sebab, menuruty Zahrani, ditakutkan wabah kolera yang sudah lama punah, akan muncul lagi di dunia dengan penyebaran jemaah yang jumlahnya jutaan orang.

Pemerintah Arab Saudi sangat perhatian dengan wabah penyakit apapun. Bebebarapa tahun lalu, di seluruh bandara Arab Saudi dilengkapi alat deteksi flu burung untuk menganisipasi merebak dan masuknya virus flu burung di wilayah itu yang kemudian bisa menyebar ke negara lain berdasarkan penularan jemaahnya.

From : kesehatanhaji.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar