Minggu, 25 November 2007

Iran Ajak Arab Saudi Bersama-Sama Bantu Rakyat Irak


Akhir pekan kemarin, media massa di Arab Saudi melansir berita tentang surat Presiden Iran, Mahmud Ahmadinejad pada Raja Arab Saudi, Raja Abdullah. Surat tersebut disampaikan oleh utusan Iran, Ali Larijani, namun belum diketahui apa isi surat Presiden Iran itu.Dalam siaran di saluran televisi milik Saudi, Ahmadinejad membenarkan bahwa ia telah mengirimkan pesan pada Raja Abdullah. Pesan itu berisi tawaran kerjasama dengan Arab Saudi untuk membantu menciptakan stabilitas di Irak.

“Kami, Saudi dan negara-negara tetangga lainnya bisa membantu rakyat Irak untuk mengkonsolidasikan kemampuan pemerintah mereka dalam menciptakan stabilitas dan menjaga keamanan negara mereka, ” ujar Ahmadinejad menjelaskan isi suratnya pada Raja Abdullah.

“Saya mengirimkan pesan pada Raja Abdullah dalam masalah ini dan jawabannya secara umum, positif, ” sambungnya dalam wawancara yang direkam saat pemimpin Iran itu berkunjung ke Venezuela.

Pendekatan Iran pada Arab Saudi ini sebagai upaya untuk mengimbangi upaya AS yang ingin mengisolasi Iran dan mencari dukungan dari negara sekutunya di kawasan Teluk atas kebijakan baru Presiden AS di Irak.

Source: almanaar.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar