Sabtu, 17 November 2007

Saudi Bantah KTT OPEC Akan Bahas Kenaikan Produksi

Menteri Perminyakan Saudi Arabia membantah OPEC berencana menaikkan produksi minyak sebagai tanggapan atas kenaikan harga minyak dunia, dalam pertemuan kartel minyak itu pekan ini.

Ali al-Nuaimi kepada Financial Times, Selasa, mengatakan bahwa "tentu saja tidak akan ada pembicaraan" pasokan minyak dalam jangka pendek pada KTT OPEC 17-18 November di Riyadh, yang dihadiri oleh para kepala negara atau menteri perminyakan OPEC.

Ia mengatakan KTT tersebut akan memfokuskan pada pembahasan strategi jangka panjang.

Ditambahkannya, OPEC terus mengawasi pasar secara hati-hati, dan menyatakan bahwa Saudi Arabia akan "melihat semua informasi yang berharga". Ia membuka kemungkinan soal kenaikan produksi itu baru dibahas pada pertemuan OPEC berikutnya di Abu Dhabi, 5 Desember mendatang.

Namun Nuaimi mengingatkan bahwa keputusan kenaikan produksi pada pertemuan di Abu Dhabi masih "prematur", mengingat OPEC tidak dapat melakukan tindakan apapun terhadap harga minyak saat ini.

"Kami tidak ingin melihat adanya kemunduran pembangunan di dunia akibat kenaikan harga energi," katanya, seperti dikutip AFP.

Harga minyak, Senin kemarin, turun setelah Nuaimi berbicara kepada pers saat berkunjung ke Kuwait bahwa OPEC akan membahas isu kenaikan produksi saat pertemuan, tanpa merinci pertemuan yang dimana, apakah KTT OPEC di Riyadh akhir pekan ini atau pertemuan di Abu Dhabi bulan depan.

Harga minyak New York untuk pengiriman Desember, turun 1,7 dolar menjadi 94,62 dolar per barel.

Source: ANTARA News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar