Sabtu, 29 November 2008

Saudi Datangkan Hewan Qurban

Tingginya permintaan hewan qurban dalam musim Haji di Arab Saudi, membuat para pedagang hewan kurban mendatangkan dari luar negara Arab Saudi, karena jika mengandalkan hewan qurban yang ada di Arab Saudi, dipastikan tidak mencukupi, negara pemasok hewan qurban diantaranya Sudan, India dan Pakistan.

Media Center Haji Departemen Agama di Jakarta, Senin (24/11) menyebutkan, salah satu pedagang hewan Qurban di Pasar Hewan Ka`kiyah Kota Mekkah Said Tanbakti mengaku tidak bisa hanya mengandalkan hewan qurban dari kota Mekkah dan sekitarnya. Mendekati hari H Idul Adha, harga hewan kambing yang dijualnya juga naik, jika sebelumnya hanya 300 real per ekornya namun mendekati Wukuf di Arofah bisa menjadi 400 hingga 450 real Arab Saudi .

Hewan yang ada tidak memenuhi kebutuhan qurban pada musim haji.Itu sebabnya, pedagang hewan Qurban mendatangkan dari Sudan dan India, namun nilai jualnya lebih tinggi dibandingkan hewan qurban dari kota Mekkah.

Said, pedagang kambing asal Negeria ini mengaku hanya mengambil keuntungan 50 sampai 100 Real Saudi per ekornya. "Saya beli kambing 1 ekor 250 real, saya jual dapat keuntungan 50 real," ujarnya.

Sementara Dam atau membayar Denda berupa menyembelih hewan ternak, merupakan keharusan ja maah haji jika tidak melaksanakan wajib haji seperti tidak berniat ihrom dari migot dan tidak mabit di Musdalifah dan Mina, namun bagi yang tidak mampu bisa mengantinya dengan puasa selama 10 hari, 3 hari di Arab Saudi dan 7 hari di Tanah Air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar