Jumat, 21 November 2008

Saudi Sediakan 100 Juta Rial Bagi Pelayanan Medis Jamaah

Menteri Kesehatan Arab Saudi Dr Hamad Bin Abdullah Al-Manie mengumumkan alokasi 100 juta rial (sekitar 25 juta dolar AS) untuk pelayanan medis selama musim haji tahun ini.

Lebih dari 10.000 pegawai pria dan wanita dipersiapkan untuk pelayanan medis kepada jamaah haji. Dalam konferensi pers yang diadakan pada Rabu [12/11] setelah memimpin pertemuan Komite Kesehatan haji pada Kementerian Kesehatan, Menkes Al-Manie mengatakan kementerian itu telah memperkenalkan pelayanan baru tahun ini untuk menyelidiki tentang pasien melalui internet atau via telepon gratis (8002494444).

Menkes Al-Manie mengatakan sebanyak 24 rumah sakit masing-masing berkapasitas 2.939 ranjang tersedia di tempat-tempat suci dan Madinah, juga disediakan 124 pusat kesehatan.

Sementara itu, sekitar 1,5 juta domba diimport sebelum dimulainya musim haji tahun ini, 500.000 domba di antaranya untuk keperluan hewan kurban, demikian laporan Kementerian Perdagangan Arab Saudi.

Jumlah tersebut merupakan tambahan persediaan domba di Kerajaan tersebut.

Laporan itu juga mengungkapkan bahwa kementerian tersebut akan menjamin standard makanan, dan harga akan dipertahankan di pasar-pasar dan kios-kios di Makkah dan Madinah. Begitu pula untuk keperluan penginapan jamaah haji, telah tersedia hotel-hotel dan apartemen-apartemen berperabot di Makkah, Madinah, Jeddah dan Taif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar