Senin, 25 Juni 2007

Arab Saudi Butuh Ribuan Bidan dan Dokter RI

Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari mengungkapkan pemerintah Arab Saudi membutuhkan dalam waktu secepatnya ratusan ribu bidan dan puluhan ribu dokter Indonesia.

Menkes mendengar informasi bahwa permintaan itu disebabkan karena banyak bidan dan dokter Filipina yang bekerja di Arab Saudi pindah ke Amerika karena mendapatkan gaji empat kali lebih besar.

Menurut dia, Indonesia mampu memenuhi kebutuhan Arab Saudi terhadap bidan dan dokter asalkan gaji dan kondisi kerjanya bagus.

Malaysia sebagai ketua OKI untuk pertama kalinya mengadakan "OIC Health Ministerial Conference 2007" di kota Sunway Lagoon, 12-15 Juni 2007.

Dalam pertemuan itu, negara-negara Islam dituntut kerja samanya dalam memerangi beberapa wabah penyakit yang menyerang umat muslim, terutama anak-anak dan wanita, misalnya malaria, polio, AIDS/HIV, flu burung, dan tuberculosis.

Menurut laporan WHO, setiap tahun 300 hingga 500 juta kasus malaria terjadi di dunia dan lebih kurang satu juta orang, terutama anak muda meninggal akibat penyakit itu, kata Sekjen OKI Professor Dr Ekmeleddin Ihsanoglu.

Penyebabnya ialah minimnya obat-obatan, vaksin dan tenaga medis yang tersedia mengakibatkan tingginya angka kematian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar