Senin, 19 April 2010

iPad 'Haram' di Israel

Demam iPad yang melanda dunia rupanya tidak akan sampai ke Israel. Di sana, perangkat berbentuk tablet keluaran terbaru Apple itu 'diharamkan'. Apa sebabnya?


Pekan ini, Pemerintah Israel resmi melarang impor iPad. Pada Kamis (15/4/2010), Bea dan Cukai negara itu mengumumkan bahwa mereka telah menyita 10 buah iPad yang coba dibawa masuk wilayah negaranya.

Pelarangan itu didasarkan pada alasan bahwa keberadaan iPad akan menyita kapasitas jaringan nirkabel yang tersedia dan dikhawatirkan akan mengganggu peralatan lain.

Seperti dikutip detikINET dari Associated Press, Jumat (16/4/2010), Israel akan melarang masuk iPad, bahkan oleh turis sekalipun, sampai adanya kepastian bahwa perangkat itu memenuhi standar setempat.

"Jika Anda mengoperasikan peralatan yang memakai pita frekuensi yang berbeda dengan peralatan lain yang menggunakan pita frekuensi yang sama, maka akan terjadi interferensi," kilah Deputi Direktur Senior di Kementerian Komunikasi Israel, Nati Schubert.

"Kami tak peduli di mana orang membeli (iPad), tapi tanpa regulasi, maka akan terjadi kekacauan," paparnya.

Schubert menjelaskan bahwa Komisi Komunikasi Federal AS mengizinkan iPad memiliki pancaran Wi-fi yang lebih kuat daripada peralatan sejenis yang ada di Eropa atau Israel.

Walau begitu, sejauh ini langkah Israel untuk melarang keberadaan iPad di negaranya tidak diikuti oleh negara Eropa lainnya. Israel berharap masalah ini dapat selesai ketika Apple merilis iPad versi internasional bulan depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar