Sabtu, 19 November 2011

Jazz Harus Dikembalikan ke Surabaya

Jazz harus kembali ke Surabaya, karena secara histori, kota ini memang cikal bakalnya jazz di Indonesia. Beberapa musisi legenda dibesarkan di kota ini antara lain almarhum Maryono sampai Bubi Chen, dan dua legendaris musisi jazz asli Surabaya.

Iklim musik jazz juga subur tumbuh di Surabaya, karea mendapat dukungan dari media massa maupun elektronik, sehinga mampu membentuk komunitas. Radio Suara Surabaya (SS) dengan Errol Jonathans, bukti jazz berkembang di kota ini. Program spesifik Radio SS Jazz Traffic dibidani Errol lantas diabadikan dalam sebuah acara live performance para musisi jazz Indonesia.

Menurut Errol di Surabaya, Sabtu (19/11/2011), jazz kembali pada rohnya dan sebagai kota lahirnya jazz di Indonesia. Namun belum banyak event jazz yang mampu menampilkan puspa ragam musik jazz.

Berangkat dari kegalauan dan idealisme, maka digelar Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2011 , pada Minggu, 27 November 2011 di Grand City Surabaya. Acara dimulai pukul 12.00 sampai 24.00 WIB dan selama 12 jam nonstop menampilkan keanekaragaman genre musik jazz.

Wahyu Widodo Ketua Panitia Djarum Super Mild Jazz Traffic Festival 2011 mengatakan, ko munikasi artis dan penonton menjadi daya tarik sekaligus kunci sukses perhelatan ini. Pada sesi tertentu ditampilkan artis yang bisa membuat penonton tidak bosan dan bahkan mampu membuat penonton berdendang bersama, sekaligus tertawa.

Andry Swaputra Project Officer Djarum Super Mild untuk perhelatan Jazz Traffic Festival 2011 mengatakan, acara ini memiliki kelas dan kualitas tersendiri yang tercermin dari line up artis dan kemasannya. Apalagi akan tampil puluhan musisi jazz nasional dan lokal, seperti LLW (Indra Lesmana, Barry Likumahuwa, Sandy Winarta) feat. Dira Sugandi, Bubi Chen feat. Sierra, Tompi, Maliq & D essentials, Idang Rasjidi, BLP, RAN (semuanya tampil di indoor), sedangkan Ligro Trio, Nita Aartsen, Endah and Reza, Balawan, Judi Barlean feat. Sandy Winarta, Van Java, serta komunitas Korek Jazz.(kompas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar