Sabtu, 26 November 2011

Mana Yang Lebih Baik: Puasa Tanggal 10 & 9 atau 10 & 11 Muharram?

Pertanyaan: Bagaimanakah hukumnya untuk melakukan puasa pada hari 'Asyura' (tanggal 10 Muharram)? Apakah lebih baik untuk melakukan puasa pada tanggal 9 Muharram, atau tanggal 11 muharram, atau tanggal 9,10,11 Muharram, atau pada hari 'Asyura' (tanggal 10 muharram) saja? Mohon menjelaskan masalah tersebut. Semoga Allah SWT membalas Anda dengan yang terbaik!

Jawaban: Hal itu merupakan sunnah untuk melakukan Puasa pada hari 'Asyura' berdasarkan Hadiths sahih yang di dalamnya Nabi Muhammad SAW juga menyatakan begitu.

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa kaum Yahudi melakukan puasa pada hari itu karena itu merupakan hari di mana Allah SWT menyelamatkan Nabi Musa AS dan warga masyarakat serta menghancurkan Fir'aun dan anak buahnya.

Sehingga Nabi Muhammad SAW melakukan puasa pada hari 'Asyura' untuk mengekspresikan rasa terima kasihnya kepada Allah, dan menganjurkan kaum Muslim untuk melakukannya, serta mengarahkan kita untuk juga melakukan puasa pada tanggal sebelumnya atau berikutnya.

Namun, melakukan puasa pada kesembilan dan kesepuluh Muharram lebih baik daripada melakukannya pada kesepuluh dan kesebelas muharram.

Berpuasa pada 9 & 10 Muharram juga sudah cukup memadai untuk itu bertolak belakang dengan praktek dari orang-orang Yahudi.

Seseorang juga dapat melakukan puasa pada semua tiga hari, yaitu kesepuluh, kesembilan, dan sebelas Muharram seperti dilaporkan beberapa riwayat: "Puasa sehari sebelum (Hari 'Asyura') dan sehari setelah itu.", (Diriwayatkan oleh Al-'Aini, 'Umar Al-Qari, dalam Buku Tentang Berpuasa, Bab Berpuasa Di Hari 'Asyura', Volume 11, Halaman 116; dan oleh penulis Al-Fath Al-Kabir, Bab Berpuasa Di hari 'Asyura', nomor 7293.).

Tapi, adalah termasuk Makruh bila melakukan puasa pada hari 'Asyura' saja, tanpa menyertainya dengan tanggal 9 atau 11 Muharram.

Semoga Allah SWT memberi kita kesuksesan!

Sumber: Fatwa Dari Ibnu Baz.

(alifta.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar