Minggu, 20 November 2011

Kembali ke Jakarta

Setelah melakukan kunjungan kerja enam hari di Bali, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono beserta rombongan kembali ke Jakarta, Minggu (20/11) pukul 14.00 WITA. Pesawat khusus kepresidenan Boeing 737-800 milik Garuda yang membawa Presiden lepas landas dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar. Kepulangan ini sekaligus mengakhiri rangkaian kunjungan kerja selama 11 hari, sejak meninggalkan Jakarta pada 10 November lalu.

Sebelum ke Bali untuk mengikuti KTT ke-19 ASEAN dan pertemuan terkait lainnya sebagai tuan rumah, Presiden melakukan kunjungan kerja ke Palembang untuk membuka SEA Games XXVI. Dari sana, Presiden dan delegasi meneruskan perjalanan ke Honolulu, Hawaii, untuk menghadiri KTT ke-19 APEC.

KTTke-19 ASEAN sendiri menghasilkan Bali Declaration on ASEAN Community in a Global Community of Nations atau dikenal dengan Bali Concord III, yang ditandatangani 10 pemimpin ASEAN pada 17 November lalu. Dokumen ini memuat peta jalan bagi interaksi komunitas ASEAN dengan komunitas global, sesuai tema ASEAN 2011: ASEAN Community in a Global Community of Nations. Ada tiga pilar utama yang dijadikan landasan dalam interaksi global tersebut, yakni politik dan keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Menyertai Presiden dalam rangkaian kunjungan kerja ini, antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menlu Marty Natalegawa, Mendag Gita Wirjawan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari E Pangestu, Menteri ESDM Jero Wacik, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Menhut Zulkifli Hasan, dan Menkominfo Tifatul Sembiring. Sebagian dari menteri ada yang baru bergabung di Honolulu, ada pula yang langsung ke Bali.(presidenri.go.id).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar