Rabu, 23 Januari 2013

Rencana Pemkot Hidupkan Kawasan Surabaya Utara


Pemerintah Kota Surabaya berencana membangun satu taman di wilayah utara, kali ini taman tersebut akan mempercantik area Jembatan Petekan. Kabid Fisik dan Sarana Prasarana Bappeko Surabaya A.A Gde Dwijaja mengungkapkan jika pembangunan taman seluas lebih dari 100 meter persegi tersebut merupakan salah satu upaya Pemkot Surabaya dalam merevitalisasi Kalimas di ujung Utara kota Surabaya.

Taman tersebut, lanjut Dwijaja tak hanya untuk memperindah kawasan Surabaya Utara, tetapi juga bakal dilengkapi ruang publik. Dengan harapan, agar masyarakat bisa menikmati keindahan laut dari taman yang bakal dinamai sebagai Taman Gerbang.
 
Menurut Dwijaja, nama Taman Gerbang diambil dari tema yang akan digunakan dalam pembuatan taman tersebut, yang mengandung arti gerbang menuju laut. “Pemkot saat ini terus merancang setiap taman agar memiliki tema. Dan bisa menambah salah satu objek wisata di Surabaya,” katanya.
 
Tak hanya membangun taman, Pemkot Surabaya juga menaruh perhatian serius pada jembatan peninggalan Belanda tersebut dengan merenovasinya mendekati bentuk dan fungsinya saat kali pertama dibuat. “Jembatan tersebut dibangun agar sesuai dengan zaman dahulu, yang bisa dibuka dan ditutup untuk kapal yang lewat,” jelasnya.
 
Untuk menghidupkan kembali kawasan tersebut, Pemkot Surabaya juga melirik Pasar pabean yang selama ini menjadi sentra ekonomi warga. Pemkot juga berencana merevitalisasi pasar tersebut, tetapi keunikan pasat tetap dipertahankan yakni gedung hingga suasana pasar tersebut tidak akan diubah sama sekali. Hanya akan ada penambahan fasilitas seperti tempat bakar ikan, sehingga bisa menjadi jujukan tempat wisata keluarga.(surabaya.go.id)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar