Rabu, 09 Januari 2013

Tahun Ini, Tenaga Surya Semakin Terjangkau!



Teknologi tenaga surya diharapkan akan semakin terjangkau di tahun ini, menyusul semakin turunnya biaya yang diperlukan untuk menghasilkan energi per watt-nya.
Menurut riset yang dilakukan Lux Research, saat ini biaya yang diperlukan untuk menghasilkan energi listrik 1 watt sebesar USD70 sen (setara Rp6.751,5). Para peneliti memprediksi, dalam empat tahun ke depan, mereka dapat menghasilkan energi dengan mengandalkan biaya sebesar USD50 sen (Rp4.822,5) saja.
Hasil penelitian Lux Research yang dilansir dari laman luxresearchinc.com mengungkapkan, penurunan biaya ini dimungkinkan akibat terjadinya kelebihan suplai oleh para produsen panel surya. Tingginya harga yang mereka tetapkan dalam empat tahun terakhir membuat pasokan membanjir.
Masih menurut riset tersebut, para produsen telah menemukan teknologi baru dalam melakukan efisiensi produksi panel surya. Hal itulah yang diperkirakan akan semakin menekan biaya produksi panel surya. Peneliti Lux Research mengungkapkan, hal ini adalah kemajuan yang bisa diraih untuk mendekatkan umat manusia pada gaya hidup ramah lingkungan.(yahoo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar