Minggu, 14 Desember 2008

Raja Saudi Gratiskan Haji 1000 Muslim Eropa Timur


Raja Saudi mentasarufkan sebagian harta kekayaanya dalam bentuk "minhah" untuk menghajikan sekitar 1000 Muslim Eropa Timur setiap tahunnya.

Sebagaimana dikutio Islamonline (4/12), Raja Saudi Arabia, al-Malik Abdullah ibn Abdul Aziz mengabarkan, "minhah" tersebut dikelola dan dibagikan oleh Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia di beberapa negara Eropa Timur. 'Minhah' tersebut akan dibagi secara merata pada sekitar 50 lembaga keislaman yang tersebar di seluruh Eropa Timur.

Munib Hasan Rawi, direktur Jam'iyyah Wakaf Islam di kota Perno, di Selatan Chekoslovakia mengatakan bahwa "berkat adanya 'minhah' ini, organisasi yang kami kelola setiap tahunnya dapat memberangkatkan sekitar 20 jama'ah untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci secara gratis."

Rawi menuturkan, bahwa selain Organisasi yang dipimpinnya, Islamic Center yang terletak di ibu kota Praha juga mendapatkan jatah yang sama. "Di Praha, Islamic Center juga memberangkatkan 20 jama'ah," ungkapnya.

Ditegaskannya, bahwa semua organisasi keislaman dinegerinya lebih memprioritaskan untuk membagikan 'minhah' tesebut kepada para muallaf. "Mereka lebih kami utamakan, sebagai penggemira dari Islam," ungkapnya yang juga Wakil Ketua Persatuan Muslim Cheko itu.

Sementara itu, Yahya al-Jalal, ketua pusat Dewan Islam Hungaria menyatakan, bahwa "Keduataan Besar Saudi Araia di Budapest memberikan jatah 'minhah' haji gratis untuk 50 Muslim Hungaria."

Minhah serupa juga diperoleh beberapa organisasi Islam lainnya di negara-negara seperti Ukraina, Bosnia, Bulgaria, Slovakia, dan negara Erpa Timur lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar