Kamis, 15 Desember 2011

Surabaya, Kota Berkualitas Udara Terbaik 2011

Dinkominfo - Dipenghujung tahun, Surabaya kembali meraih penghargaan yang kali ini diperoleh dibidang lingkungan melalui Penghargaan Kota Berkualitas Udara Baik kategori Kota Metropolitan. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Surabaya mendapatkan nilai tertinggi 7,21, disusul Kota Medan 6,72 dan Jakarta Timur 6,57. Sedangkan kategori kota besar diraih Kota Surakarta denan nilai 8,42, disusul Kota Batam 8,11 dan Kota Malang 7,53. Ke enam kota tersebut mendapatkan penghargaan yang diserahkan Balthasar Kambuaya Menteri Lingkungan Hidup di Jakarta, hari ini Rabu (14/12).

Kementerian Lingkungan Hidup menyebutkan penilaian berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan terhadap kualitas udara perkotaan, tiga kota metropolitan dan tiga kota besar masih meraih nilai tertinggi dan dianggap memiliki kualitas udara terbaik. Evaluasi kualitas udara perkotaan dilakukan dalam program Langit Biru 2011 yang diikuti 26 kota di seluruh Indonesia. Aspek yang dinilai yaitu manajemen lalu lintas, aspek bahan bakar, uji emisi yang dilakukan dan proses monitoring, serta non fisik seperti upaya pemerintah kota dalam mereduksi emisi.

Program Langit Biru bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas udara perkotaan dari pencemaran udara khususnya yang bersumber dari kendaraan bermotor melalui penerapan transportasi berkelanjutan. Program ini dilakukan dalam rangka mendorong kita semua bukan hanya pemerintah tapi seluruh masyarakat agar menyadari tetang kualitas udara kita.(Hy)(www.surabaya.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar