Rabu, 25 Juni 2008

Arab Saudi Akan Terbitkan Ensiklopedia Haji


Gubernur Riyadh, Pangeran Salman bin Abdulaziz akan meluncurkan proyek pembuatan eksiklopedia tentang ibadah haji dan dua masjid suci, Masjid Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Peluncuran itu rencananya akan dilakukan pada hari Sabtu (29/3) lusa.

Proyek pembuatan eksiklopedia itu dipimpin oleh Fahd Al-Simari, sekretaris jenderal Museum Raja Abdulaziz. Menurut Al-Simari, ensiklopedia itu akan menjelaskan tentang ibadah haji dari perspektif keagamaan, sosial, budaya dan ekonomi. Ensiklopedia itu juga akan memuat sejarah haji mulai dari masa pra-Islam sampai sekarang serta menjelaskan lokasi-lokasi dan situasi kota-kota utama di Saudi serta rute ibadah haji dengan detil.

Ensiklopedia itu akan dilengkapi dengan foto-foto, lukisan dan peta, komentar-komentar dari sejumlah sejarawan dan peneliti, dokumen-dokumen bersejarah dari Kerajaan Saudi maupun dari luar negeri, terminologi serta pengalaman-pengalaman mereka yang pernah berhaji. Selain itu, juga akan diceritakan perkembangan penyediaan layanan bagi para jamaah haji dari tahun ke tahun, yang terus ditingkatkan.

Ensiklopedia ini merupakan proyek kerjasama antara Museum King Abdulaziz, Institut Riset Haji Dua Masjid Suci di Makkah, Kementerian Haji Arab Saudi, Lembaga Urusan Dua Masjid Suci, Kementerian Pendidikan Tinggi Saudi dan Saudi Binladin Group.

Al-Simari mengatakan, dalam acara peluncuran ensiklopedia Haji Sabtu lusa, Pangeran Salman sekaligus meresmikan pameran tentang Raja Abdulaziz dan Makkah di Museum Raja Abdulaziz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar