Rabu, 25 Juni 2008

Arab Saudi Akan Tingkatkan Produksi Minyak

Arab Saudi merencanakan meningkatkan produksi minyaknya dengan 200.000 barel per hari bulan depan, Menteri Perminyakan Arab Saudi mengemukakan kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon, demikian menurut jurubicara Ban.

Sekjen PBB bertemu dengan Menteri Perminyakan Ali al-Naimi di kota bandara Jeddah selama lawatan sehari ke negara produsen minyak terbesar dunia itu.

Farhan Haq, juru bicara yang menyertai lawatan Ban, mengatakan dalam sebuah e-mail bahwa Al-Naimi menyatakan kepada Ban pihaknya akan meningkatkan produksi dengan 200.000 barel per hari mulai Juni hingga Juli. Pada Mei, Arab Saudi meningkatkan produksinya dengan 300.000 barel per hari.

Produksi negara itu pada Juli akan mencapai 9,7 juta barel per hari, kata Haq, seperti dilaporkan AP.

Ban juga mengatakan bahwa Arab Saudi memahami bahwa harga minyak yang tinggi, mencapai 139 dolar per barel pada awal bulan ini, adalah tidak normal.

"Kerajaan itu percaya bahwa harga minyak saat ini tidak normal dan ia siap memulihkan harga ke tingkat yang pantas," kata Ban seperti dikemukannya kepada pers di Jeddah.

Arab Saudi khawatir bahwa harga minyak yang bertahan tinggi akan secara perlahan mengurangi keinginan besar dunia terhadap minyak.

Arab Saudi menyerukan diadakan pertemuan negara-negara produsen dan konsumen minyak pada 22 Juni mendatang di Jeddah untuk membicarakan berbagai langkah yang terkait dengan harga energi yang terus melonjak.

New York Times melaporkan Sabtu lalu, dengan mengutip analis dan pedagang yang tidak bersedia disebutkan namanya, kenaikan produksi negara itu sekitar 500.000 barel per hari akan diumumkan menyusul pertemuan tersebut.

Harga minyak mentah telah mencapai rekor tinggi, melampaui 139 dolar per barel pada 6 Juni lalu, setelah melonjak hampir 11 dolar dalam perdagangan harian saat itu.

Presiden Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) Chakib Khelil, mengatakan bahwa OPEC belum akan membuat keputusan baru mengenai tingkat produksi sampai pertemuan 9 September mendatang di Wina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar