Rabu, 25 Juni 2008

Maskapai Kategori I Berkesempatan Terbang ke Arab Saudi

Kebijakan pengkategorisasian maskapai nasional yang dilakukan Ditjen Perhubungan Udara Departemen Perhubungan telah diakui dunia internasional. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Dephub Budhi Mulyawan Suyitno mengungkapkan otoritas penerbangan Arab Saudi membuka kesempatan bagi maskapai nasional untuk terbang ke negara tersebut. Tetapi dengan syarat, hanya maskapai berkategori I yang mendapatkan kesempatan tersebut.
”Untuk maskapai kategori II, wajib diinspeksi dulu oleh otoritas setempat,” ungkapnya di sela-sela Raker RUU Penerbangan di Komisi V DPR, Rabu (4/6). Dijelaskannya, persyaratan itu disampaikan menyusul persetujuan bilateral RI-Arab Saudi, terkait penambahan frekuensi penerbangan antarkedua negara. Indonesia, menurut Budhi menerapkan pola multyairlines untuk terbang ke luar negeri. Atas dasar itu, Budhi mengatakan, pihaknya membuka kesempatan maskapai nasional yang memenuhi kriteria persyaratan untuk terbang ke kota-kota di Arab Saudi seperti Jeddah dan Mekkah.

Untuk diketahui, saat ini terdapat tujuh maskapai nasional yang masuk dalam klasifikasi kategori I Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Mereka adalah Garuda Indonesia, Merpati, Lion Air, Batavia Air, Mandala Airlines, Wing Air, serta Indonesia AirAsia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar