Rabu, 25 Juni 2008

Janji Arab Saudi Tak Turunkan Harga Minyak


Harga minyak tetap melonjak saat investor tidak memedulikan janji Pemerintah Arab Saudi untuk kembali meningkatkan produksi minyak mentah tahun ini apabila diperlukan oleh pasar. Arab Saudi mengumumkan kenaikan produksi minyak dari 300.000 barrel per hari pada Mei lalu dan akan menambah hingga 200.000 barrel per hari Juli mendatang sehingga total produksi per hari mencapai 9,7 juta barrel.

Janji Arab Saudi untuk menaikkan produksi minyaknya masih jauh dari yang diharapkan AS. AS dan beberapa negara lain menekankan, kenaikan produksi minyak Arab Saudi belum menjawab permintaan dari sejumlah negara, terutama China, India, serta Timur Tengah. Namun, Arab Saudi dan negara eksportir minyak OPEC lainnya menjelaskan, tidak ada kekurangan pasokan minyak, tetapi yang ada spekulasi keuangan dan merosotnya nilai dollar AS.

Kontrak pengiriman minyak light sweet untuk bulan Agustus naik 1,13 dollar AS menjadi 136,49 dollar AS per barrel dalam transaksi di New York Mercantile Exchange menjelang sesi transaksi pertengahan hari di Singapura. Jumat (20/6) pekan lalu, kontrak tersebut naik 2,76 dollar AS dan ditutup pada 135,36 dollar AS per barrel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar