Minggu, 10 April 2011

Arab Saudi Buru 47 Anggota Al Qaida

Departemen Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan mereka mengeluarkan surat perintah penahanan internasional terhadap 47 tersangka anggota Al Qaida di luar negeri.
Pernyataan yang disiarkan televisi Arab Saudi ini menyebutkan beberapa di antara tersangka itu sangat berbahaya dan memiliki posisi penting di Al Qaeda.

Departemen Dalam Negeri mengatakan daftar nama tersangka telah dikirim ke Interpol dan meminta para tersangka untuk menyerahkan diri ke kedutaan Saudi.

Pemerintah Saudi menjelaskan tidak semua tersangka warga negara Saudi, namun mereka ingin membentuk kelompok-kelompok kecil di Saudi dan mengirim beberapa anggota ke luar negeri untuk berlatih.

Enam belas diantaranya dikatakan berada di Yaman, dan beberapa lainnya berada di Pakistan, Afghanistan, atau Irak.

Ini adalah untuk kelima kali pemerintah Saudi mengumumkan nama-nama tersangka anggota Al Qaida.

Kelompok militan yang memiliki hubungan dengan Al Qaida ini melancarkan serangkaian serangan terhadap warga Barat dan instalasi pemerintah antara 2003 dan 2006 sebelum mereka diburu aparat keamanan.

Diyakini banyak anggota kelompok militan Saudi masih aktif begerak di negara tetangga Yaman setelah kelompok-kelompok militan di kedua negara bergabung di bawah bendera Al Qaida di Semenanjung Arab.

Sabtu pekan lalu Departemen Kehakiman Saudi mengatakan hingga November tahun lalu, 765 tersangka anggota Al Qaida diadili dan dijatuhi hukuman.(sabili.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar