Jumat, 24 Juni 2011

Mou Pemkot Untuk Kesejahteraan Warga Surabaya

Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini, MT menandatangani kerjasama antara Pemerintah Kota Surabaya dengan Unair, Unesa, ITS, IAIN dan Kopertis Wilayah VII
Untuk melanjutkan kerjasama yang sebelumnya telah terjalin, Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini, MT menandatangani kesepatan bersama antara Pemerintah Kota Surabaya dengan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Kamis (23/6) di Lobby Balai Kota Surabaya.

Ir. Antiek Sugiharti, M.Si, Kepala Bagian Kerjasama dalam laporannya menyampaikan penandatanganan kerjasama ini dilakukan untuk melanjutkan kerjasama yang sebelumnya telah terjalin yang jangka waktunya telah habis pada bulan April tahun 2011 yang lalu.

Antiek menyebutkan kerjasama ini telah dilakukan sejak tahun 1996, dimana pada tahun 2005 Pemkot Surabaya mulai menggandeng Kopertis (Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah) wilayah VII.

“Yang menjadi dasar dilaksanakan kerjasama ini adalah Permendagri no. 22 tahun 2009 tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Kerja Sama Daerah dimana kerjasama dengan pihak ketiga dalam hal ini adalah Perguruan tinggi yang diawali dengan penandatanganan kesepakatan bersama setelah sebelumnya dilaksanakan tahap persiapan,” ucapnya.

Antik menjelaskan jangka waktu kesepakatan dibuat berdasarkan Permendagri no. 22 tahun 2009 yakni untuk tahap pertama adalah 12 bulan yang selanjutnya kesepakatan bersama akan ditindaklanjuti dengan perjanjian-perjanjian kerjasama yang akan mengatur lebih rinci dimasing-masing bidang yang akan dikerjasamakan.

“Beberapa kegiatan kerjasama yang telah dilaksanakan beberapa tahun lalu diantaranya adalah KKN mahasiswa di Kota Surabaya, dimana salah satu kegiatan kerjasama yang merupakan sarana pembelajaran bagi mahasiswa untuk terjun dimasyarakat secara langsung serat untuk membantu pelakasanaan program-program Pemerintah Kota Surabaya,” katanya.

Ia menambahkan, beberapa kerjasama lain seperti program anastesi dokter sprsialis di beberapa puskesmas sangat membantu bagi pelayanan kesehatan masyarakat kota Surabaya . Antiek menambahkan, kegiatan-kegiatan yang lainnya seperti pembenahan daerah kumuh, sanitasi, rehabilitasi social, pembinaan dan pelatihan bagi UKM, pengembangan kemampuan bagi tenaga pendidik, penanganan masalah social seperti gelandangan, pengemis dan PSK dan anak jalanan. Diluar itu juga kegiatan peningkatan kualitas lingkungan hidup serta peningkatan sumber daya manusia pegawai Pemerintah Kota Surabaya

Ia berharap dengan dilanjutkannya kerjasama ini dapat mewujudkan sinergitas pembangunan sumber daya manusia antara Pemerintah Kota dengan Perguruan Tinggi dalam mewujudkan kemajuan daerah yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama di Kota Surabaya.(www.surabaya.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar