Rabu, 04 Juli 2007

Raja Arab Saudi Terima Penghargaan Order Of The Smile dari Polandia



Organisasi Anak-Anak di Polandia memberikan penghargaan Order of the Smile pada Raja Arab Saudi, pelindung Dua Masjid Suci, Raja Abdullah. Pengharagaan tersebut diserahkan dalam sebuah acara kehormatan di Belweder Palace, Polandia, Selasa (26/6).

Penghargaan itu diberikan oleh Child Friendship Center pada Raja Abdullah atas perannya yang besar dalam operasi pemisahan bayi kembar siam asal Polandia, Olga dan Daria Kolacz di Rumah Sakit Riyadh pada tahun 2005.



Dalam acara penyerahan penghargaan itu, Presiden Polandia Lech Kaczynski menyampaikan rasa terima kasihnya, karena Raja Abdullah telah mengeluarkan instruksi membentuk tim medis yang beranggotakan 50 orang dari King Abdul Aziz Medical City di Riyadh, untuk melakukan operasi pemisahan kembar siam tersebut. Dan Raja Saudi pula yang membayar semua biaya operasi, yang dilakukan pada bulan Januari 2005 saat ia masih menjadi putera mahkota. Saat operasi, bayi kembar siam Olga dan Daria masih berusia setahun tujuh bulan. Operasi yang rumit dan makan waktu hampir 15 jam itu sukses, Olga dan Daria berhasil dipisahkan.

Sementara itu, dalam pidatonya, Raja Abdullah mengatakan, "Kami di Arab Saudi sangat berbahagia bisa melakukan operasi bayi kembar siam asal Polandia. Ketika saya mengunjungi mereka di rumah sakit, saya melihat senyum mereka yang manis, yang memperkuat persepsi saya bahwa tanggung jawab kita yang paling mendasar adalah membangun masa depan yang aman dan damai, di mana anak-anak kita bisa hidup bahagia tanpa rasa takut.

"Ini adalah doa saya siang dan malam, semoga Tuhan menolong kita untuk mewujudkannya dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia, " sambung Raja Abdullah.

Kaczynski mendukung pernyataan Raja Abdullah. Ia mengatakan, Arab Saudi dan Polandia menginginkan perdamaian di seluruh dunia termasuk di Timur Tengah. "Perdamaian adalah hal yang paling berharga di dunia, " kata presiden Polandia dalam pidato sambutannya.

Masih terkait penghargaan itu, pendiri Child Friendship Center Marek Michalak menyatakan, anak-anak memilih Raja Abdullah karena beliau telah menunjukkan lewat tindakannya bahwa masalah-masalah anak sangat dekat dengan jiwanya. "Dia telah menyelamatkan hidup dua bayi kembar siam Polandia dan juga anak-anak lainnya di seluruh dunia, " ujar Michalak.

Dalam acara penyerahan penghargaan Order of the Smile, Raja Abdullah juga berkesempatan bertemu dengan Olga dan Daria beserta ibu mereka. Ibu kedua bayi kembar siam itu mengucapkan terima pada Raja Abdullah yang telah memberikan pelayanan terbaik saat mereka berada di Arab Saudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar