Rabu, 04 Juli 2007

Tim Saudi Kunjungi Tahanan Guantanamo

Satu tim Arab Saudi telah mengunjungi tahanan teroris di Teluk Guantanamo, demikian menurut Kementerian Dalam Negeri Saudi. Para anggota tim tersebut, yang melakukan kunjungan atas undangan dari pihak berwenang AS, telah bertemu dengan 53 orang tahanan warga Saudi dan meninjau kondisi mereka selama di tahanan itu.



Pernyataan kementerian dalam negeri tidak menyebutkan secara rinci mengenai kunjungan para anggota tim tersebut satu persatu. Kunjungan itu dilakukan sebagai bagian dari usaha Kerajaan Arab Saudi untuk membawa para tahanan tersebut pulang. Para anggota tim itu telah diberikan penjelasan yang meyakinkan mengenai kondisi para tahanan setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan para pejabat penjara, kata jurubicara itu Rabu (21/6).

Mereka juga menjelaskan kepada para pejabat tersebut bagaimana para tahanan diperlakukan di Arab Saudi, kata laporan itu menambahkan. Pejabat itu mendesak para pejabat Guantanamo agar mengatur pengiriman secepatnya para tahanan ke kerajaan tersebut agar segera dapat diadili sesuai dengan hukum Arab Saudi.

Awal bulan ini, seorang tahanan Arab Saudi, Abdul Rahman al-Amri, 34, telah ditemukan mati di dalam sel tahanannya. Para pejabat militer AS mengatakan kematiannya disebabkan bunuhdiri. Al-Amri adalah tahanan keempat yang melakukan bunuhdiri di kemp tahanan itu, yang saat ini menahan kira-kira 380 pria yang disebut pemerintah AS 'pejuang musuh.' Tiga tahanan lainnya yang meninggal dunia dalam tahanan militer AS itu adalah Yasser al-Zahrani, 21, dan Manie al-Otaibi, 28, keduanya dari Saudi, dan seorang Yaman, Ali Ahmad, 26, yang diduga melakukan bunuhdiri dengan menggunakan pakaian dan sprei di selnya pada 10 Juni 2006 lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar