Minggu, 10 Maret 2013

Pemprov Siap Sambut Tamu SOM2 APEC


Provinsi Jawa Timur khususnya Kota Surabaya yang ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah tempat pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Second Senior Officials Meeting (SOM2) Asia Pacific Economic Coorporation (APEC) yang digelar pada tanggal 7-21 April 2013 mulai mempersiapkan berbagai pelayanan untuk menghormati para delagasi yang hadir.
Berbagai persiapan telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai dari akomodasi, keamanan hingga pelayanan wisata untuk para delegasai negara anggota APEC.
Lili Sholeh Kepala Biro Kerjasama Setda Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjelaskan, pertemuaan SOM2 negara anggota APEC akan dilaksanakan di tiga tempat yaitu, Hotel JW Marriot Surabaya, Hotel Sheraton Surabaya dan Convention Hall Grand City Mall Surabaya.


“Kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk para delegasi yang hadir dan akan dilakukan H-2 hingga para delegasi kembali ke negara masing-masing, sementara untuk persiapan saat ini terus dimatangkan, karena nantinya tidak hanya pertemuan SOM2 saja. Namun juga ada agenda pertemuan Ministers Responsible For Trading (MRT atau pertemuan setingkat Menteri yang bertanggung jawab dalam bidang perdagangan),” ujar Kepala Biro Kerjasama Setda Pemprov Jatim Lili Sholeh,.saat rapat koordinasi persiapan pelaksanaan KTT SOM2 APEC, di Kantor Pemprov Jatim Surabaya, Jumat (8/3).
Pemprov dan Kepolisian Daerah (Polda) Jatim juga sudah mulai ancang-ancang mempersiapkan pasukannya untuk mengamankan agenda Internasional di Surabaya ini. Polda Jatim akan mempersiapkan pengamanan mulai dari Bandara, rute yang akan dilalui delegasi hingga berbagai tempat pertemuan serta mempersiapkan pengawalan khusus untuk 25 delegasi. Rencananya Polda Jatim mengerahkan Personil Patwal, 1 unit intelejen,1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Sabhara, 1 SSK Brimob, dan 1 SSK Dalmas. “Rencana keamanan untuk KTT APEC ini masih berkembang dan menyesuaikan situasi dan kondisi,” ujar AKBP Joko Djuhartono Biro Operasional Polda Jawa Timur.
Tidak hanya sisi keamanan saja yang akan memberikan berbagai fasilitas pelayanan guna menghormati tamu Negara yang melakukan KTT APEC di Surabaya. Pihak Bandara Juanda, Pemerintah Kota Surabaya, Biro Perekonomian dan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur serta Rumah Sakit Dr Soetomo juga ikut berpartisipasi.


Bandara Juanda dan Departemen Imigrasi serta Bea dan Cukai akan memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan selama kedatangan dan kepulangan para delegasi. Rencananya panitia dan Pemprov Jatim menempatkan dua Desk Informasi, X-Ray, serta kedatangan VIP di Bandara Juanda. “Ini semua dilakukan agar mereka nyaman ketika datang di Bandara Juanda serta tidak bercampur dengan penumpang umum,” ujar Lili Sholeh.
Sementara itu, Pemerintah Kota Surabaya sudah mempersiapkan berbagai agenda wisata serta jamuan makan malam untuk para tamu. Wiwiek Widiati Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Surabaya menjelaskan pihaknya sudah mempersiapkan gedung baru di Balai Pemuda Surabaya yang siap digunakan untuk salah satu tempat meeting. Tidak hanya itu saja pihaknya sudah mempersiapkan fasilitas city tour dan kuliner track untuk para tamu. “Selain Surabaya City Tour, ada juga Surabaya Kuliner Track, serta kita akan menampilkan annual activity di Balai Pemuda Surabaya,” ujarnya.
Selain Pemkot Surabaya yang memberikan fasilitas wisata untuk para tamu, Dinas Pariwisata Jatim juga menyiapkan wisata ke Gunung Bromo dan Agrowisata di Batu. Sedangkan Biro Perekonomian juga akan memeriahkan KTT SOM2 APEC di Surabaya dengan menggelar pameran produk-produk Jawa Timur dan UMKM di Grand City.
(jatimprov.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar