Jumat, 15 Maret 2013

Walikota Umumkan Plt Sekkota


Teka-teki soal pengisi jabatan Sekretaris Daerah Kota (Sekkota) Surabaya yang lowong akhirnya terjawab. Kamis (14/3), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan dirinya memilih Kepala Dinas PU dan Bina Marga Erna Purnawati sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekkota.

Adapun alasan Risma menunjuk Plt untuk mengisi posisi yang sebelumnya dijabat Soekamto Hadi ini adalah agar jabatan strategis itu bisa segera terisi. Dengan begitu, kondusifitas di lingkup Pemkot Surabaya bisa tetap terjaga.

Sebab, kalau langsung mengangkat pejabat definitif, diperlukan waktu yang panjang lantaran calon Sekkota harus melalui fit-and-proper test. Disamping itu, juga wajib menyusun proposal serta mengemukakan visi-misinya. 

“Ini semua kan butuh waktu, sementara posisi Sekkota sangat krusial dan harus segera diisi,” ujar Risma ketika ditemui usai meresmikan Surabaya Single Window di balai kota.

Namun, status Plt tersebut dipastikan tidak akan bertahan lama. Pasalnya, wali kota bakal mengajukan usulan kandidat Sekkota definitif pada April mendatang. Tiga pejabat yang diusulkan wali kota yakni Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Hendro Gunawan, Kadis PU dan Bina Marga Erna Purnawati, dan Kepala Dinas Kominfo (Chalid Buhari).

Dari ketiga calon tersebut, Risma mengisyaratkan pilihan utamanya jatuh pada Hendro Gunawan. “April nanti, Pak Hendro sudah masuk golongan IV B, jadi bisa diusulkan Sekkota. Sebenarnya itu pilihan saya,” sambungnya.

Secara keseluruhan, wali kota menilai ketiganya memiliki kriteria yang pas sebagai Sekkota. Dia menyebut, Sekkota harus memiliki wawasan yang luas serta bisa menjalin kerjasama dengan seluruh pegawai pemkot.

Lebih detail, Risma mengatakan bahwa dirinya membutuhkan orang yang sanggup mengimbangi kerja cepat yang biasa diterapkan orang nomor satu di Pemkot Surabaya itu. Sebagai wali kota, Risma memang dikenal doyan blusukan turun ke lapangan dan memiliki mobilitas tinggi.

“Saya harus memikirkan jangka panjang. Surabaya kini sudah mulai dilirik banyak pihak, utamanya dari mancanegara. Oleh karenanya, kinerja harus lebih ditingkatkan. Untuk merealisasikan itu, saya butuh partner yang seirama, yang bisa memahami apa yang saya pikirkan,” terangnya.

Sebagai informasi, ketiga kandidat Sekkota tersebut bukanlah wajah baru bagi Risma. Mereka sebelumnya pernah bekerja bersama dalam satu instansi. Erna Purnawati dan Risma pernah bekerja bersama saat masih di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan Bappeko. Sedangkan Hendro Gunawan adalah mantan anak buah Risma saat masih menjabat Kepala Bappeko. Pun demikian halnya dengan Chalid Buhari yang pernah bareng ketika di DKP.

“Yang paling penting bagi saya adalah mereka memiliki hati melayani masyarakat, itu yang utama,” pungkasnya sebelum mengakhiri pembicaraan.

(surabaya.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar