Senin, 23 Mei 2011

Fatwa Apakah Jin Mengetahui Gaib?

(Bagian No 2; Page No 6)

Pertanyaan ketiga dari fatwa no. 18645

Pertanyaan 3: Apakah Jin (makhluk diciptakan dari api) mengetahui yang gaib? Mohon penjelasannya sesegera mungkin.

Jawaban: Pengetahuan tentang ghaib merupakan salah satu atribut eksklusif Rububiyyah (Ketuhanan); tidak ada yang tahu ghaib dari langit dan bumi kecuali Allah. Allah Ta'ala berfirman: "Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri,... .", (QS. Al - An'am 6 : 59).

Dia (Yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia) juga berfirman: "Katakanlah: "Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah, ... .", (QS. An - Naml 27 : 65).

Para jin tidak tahu ghaib, yang dibuktikan dengan kalamullah ta'ala: "Maka tatkala Kami telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang ghaib tentulah mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan.", (QS. Saba' 34 : 14).

Oleh karena itu, siapapun yang mengaku mengetahui ghaib adalah kafir dan siapa saja yang percaya pada klaim ini adalah kafir juga, karena mereka menyangkal Al Qur'an.

Semoga Allah memberikan kita kesuksesan. Semoga kedamaian dan keberkahan atas Nabi kita Muhammad, keluarganya dan sahabatnya.

Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Fatwa.

Ketua:
`Abdul-`Aziz ibn `Abdullah ibn Baz

Wakil:
`Abdul-`Aziz Al Al-Shaykh

Anggota:
Salih Al-Fawzan
Bakr Abu Zayd

(alifta.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar