Jumat, 06 Mei 2011

KIM Anggrek Surabaya Juara III LCCK KIM 2011

Mewakili Kota Surabaya KIM Anggrek dari Kelurahan Kertajaya Kecamatan Gubeng mengikuti Lomba Cerdik, Cermat dan Komunikatif (LCCK) se-Bakorwil Pamekasan, Kamis (5/5) di Halaman Pendopo Agung Kraton Sumenep yang disiarkan tunda oleh TVRI Stasiun Surabaya.
LCCK KIM 2011 se-Bakorwil Pamekasan terdiri dari KIM Sinar Pelita Sumenep, KIM Suka Maju Pamekasan, KIM Anggrek Kertajaya Kota Surabaya, dan KIM Melati Sidoarjo. Dalam kesempatan tersebut, KIM Anggrek Kertajaya Kota Surabaya berhasil meraih juara III, unggul satu peringkat dari KIM Melati Sidoarjo.

Kepala Bidang Jaringan Komunikasi Dinas Kominfo Jatim, Dra. Isrowi Farida MSi selaku Ketua Panitia Penyelenggara LCCK KIM 2011 menyebutkan LCCK KIM tahun ini sedikit berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya yakni adanya penambahan lomba blog yang dimiliki masing-masing KIM yang memuat informasi tentang kesehatan, pendidikan, UMKM, layanan publik, pengentasan kemiskinan, ketenagakerjaan dan lingkungan hidup.

”Lomba terbagi dalam dua sesi yakni lomba cerdik cermat yaitu kemampuan Kim dalam mencari/mengumpulkan, mengimplementasikan informasi. Menyerap dan memahami, memilah dan memilih informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat. Sedangkan sesi lomba komunikatif yakni kemampuan memanfaatkan dan menyampaikan informasi kepada publik sebagai satu tim dan mendapat umpan balik yang positif dari masyarakat,” katanya.

Isrowo Farida berharap kegiatan ini akan menjadi bagian dari pembinaan bagi KIM agar lebih aktif berperan sebagai agen informasi yang nantinya diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Baginya, KIM memberikan arti, manfaat, serta kontribusi yang besar bagi masyarakat khususnya di wilayah Pamekasan. Sebab dengan adanya KIM ini sedikit demi sedikit masyarakat bisa meningkatkan kesejahtaraan hidupnya.

“Kami yakin adanya LCCK yang setiap tahun digelar ini akan memacu anggota KIM terus belajar untuk meningkatkan wawasannya yang lebih berkualitas. Sehingga apa yang dikhawatirkan adanya kesenjangan informasi bisa diminimalisir. ,” ujarnya.

Jika KIM-KIM di Jatim sudah pintar semua dalam menguasai teknologi informasi, lanjut Isrowi, tinggal tugasnya pemerintah untuk terus memotivasi bahkan memberikan anggaran yang cukup terutama untuk sarana dan prasarananya. Karena KIM ini yang langsung bersentuhan dengan masyarakat bawah sehingga tahu apa yang dibutuhkannya terutama guna mengembangkan potensi unggulan daerah melalui informasi yang benar.

Adapun yang bertindak sebagai dewan juri pada acara tersebut yakni Wakil dari Kominfo Prov Jatim, Wakil dari Bakorwil Pamekasan, serta Wakil dari Akademisi. Juara dalam Lomba Cerdik, Cermat Komunikatif (LCCK) se Bakorwil Pamekasan berhak mengikuti lomba KIM se Jawa Timur yang akan berlangsung di Tulungagung Juli mendatang.(surabaya.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar