Rabu, 13 Juli 2011

Pelatihan Bagi Perempuan Gakin

Bapemas Kota Surabaya Gelar Pelatihan Bagi 14.000 Perempuan Gakin se-Surabaya, tampak peserta pelatihan mencoba mempraktekan cara membuat ayam krispiSebanyak 14.000 perempuan gakin mendapat pelatihan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Bapemas&KB) Kota Surabaya yang dilaksanakan di 58 lokasi. Pelatihan ini direncanakan akan diselenggarakan mulai 5 Juli hingga 30 September 2011. Hal tersebut disampaikan Ikhsan, Kepala Bapemas&KB Kota Surabaya saat gelar konferensi pers di kantor Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Kota Surabaya, Sabtu (2/7).

“Hasil updating Gakin tahun 2010 terkumpul 112.465 kk gakin. Dari data tersebut, sebanyak 14.000 perempuan gakin mendapatkan pelatihan yang dikelompokkan berdasarkan potensi masing-masing seperti menjahit, memasak, membuat kue, aneka usaha serta handycraft. Untuk pelatihan menjahit dilaksanakan selama empat hari, pelatihan memasak dan membuat kue dilaksanakan selama dua hari, pelatihan aneka usaha dilaksanakan selama tiga hari serta pelatihan membuat kerajinan dilaksanakan selama dua hari,” katanya.

Ikhsan menjelaskan para perempuan gakin yang mendapatkan pelatihan akan didampingi oleh tim pendamping yang terdiri dari instruktur, KPM, faskel, PLKB, BKM, kader pendamping yang sebelumnya tim pendamping tersebut juga mendapatkan pelatihan serentak dilaksanakan di 31 kecamatan.

“Materi yang disampaikan dalam pelatihan bagi perempuan gakin meliputi produksi, permodalan, pemasaran, manajeman, administrasi dan kemitraan. Setelah diberikan pelatihan, Bapemas Kota Surabaya akan terus memonitor perkembangan para peserta yang nantinya di tahun 2011 diharapkan dapat terbentuk 560 kelompok KSM, terus berkembang menjadi UKM (Usaha Kecil Menengah) atau koperasi wanita di tahun 2012," pungkasnya.(www.surabaya.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar