Minggu, 14 Juni 2009

AS Kirim 3 Tahanan Guantanamo ke Arab Saudi


Pemerintah Amerika Serikat mengirimkan tiga tahanan dari kamp Guantanamo, Kuba ke Arab Saudi. Ini merupakan bagian dari rencana Presiden AS Barack Obama menutup penjara untuk tersangka terorisme itu.


Ketiga tahanan tersebut adalah Khalid Saad Mohammed, Abdalaziz Kareem Salim Al Noofayaee dan Ahmed Zaid Salim Zuhair.

"Semua yang dipindahkan ke Arab Saudi tersebut akan mendapat peninjauan hukum di Arab Saudi sebelum mereka menjalani program rehabilitasi," demikian pernyataan Departemen Kehakiman AS seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (13/6/2009).

Ketiga pria tersebut berasal dari Arab Saudi.

Bulan lalu, Menteri Pertahanan AS Robert Gates berkunjung ke Riyadh, Saudi. Di sana dikatakan Gates, dirinya terkesan dengan program Saudi untuk merehabilitasi militan. Karena itu pemerintah AS telah menyinggung gagasan untuk mengirimkan tahanan Guantanamo asal Yaman ke Saudi.

Pekan ini empat tahanan Guantanamo lainnya juga telah dikirimkan ke Bermuda. Keempatnya merupakan warga negara China anggota kelompok etnis Uighur. Dua lagi tahanan Guantanamo dari Irak dan Chad juga telah dipulangkan ke negara mereka masing-masing.

Presiden Obama telah memerintahkan penutupan Guantanamo pada akhir Januari 2010 mendatang. Kamp Guantanamo saat ini menahan 229 tahanan. Kamp itu mulai dibuka saat pemerintahan mantan Presiden AS George W. Bush setelah serangan teroris 11 September 2001. Kamp tersebut banyak menuai kritikan internasional karena menahan para tahanan tanpa batasan waktu dan kebanyakan tanpa diadili.(detikcom)

Usaha-usaha yang sedang dilakukan untuk memulihkan warga Arab Saudi yang ditahan di Guantanamo telah menghasilkan ektradisi tiga warga negara itu yang tiba Sabtu (13/6), kata seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Dalam satu pernyataan yang dikirim ke kantor berita Saudi (SPA), jubir yang tak disebutkan namanya itu mengatakan ketiga warga Saudi yang diekstradisi ialah Ahmed Zaid Salem Zuhair, Khalid Saad Mohammed Al-Seif, dan Abdulaziz Kadim Salim Al-E’eili.

Menurut dia, mereka akan diperlakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku di kerajaan itu dan keluarga mereka telah diberitahu tentang kedatangannya dan segala fasilitas telah disediakan bagi pertemuan dengan keluarga mereka.

Ditambahkan, Saudi sedang memproses usaha-usaha untuk membawa pulang sisa warganya yang masih ditahan di Guantanamo.

Ia juga menyatakan kepuasan dan penghargaan Saudi atas kerja sama yang diperlihatkan pihak-pihak berwenang Amerika Serikat untuk mengekstradisi semua warga Saudi yang ditahan di Guantanamo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar