Minggu, 14 Juni 2009

Indonesia Penemu Istilah Baru Inggris 'Wokbolic'


Tanggal 12-14 Juni 2009 merupakan pertemuan para aktivis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di wilayah Asia Pasifik yang didukung oleh International Development Research Center (IDRC) dari Kanada dilakukan di Penang, Malaysia.


Ada beberapa teman dari Indonesia yang hadir pada pertemuan tersebut, antara lain Prof. DR. Soegijardjo Soegijoko, Prof. Tian Belawati, Dr. Hammam Riza, Dr. Moedjiono, Donny B.U. dan saya sendiri Onno W. Purbo.

Tanggal 12 juni 2009, pada saat makan siang, didemokan Antena Wajanbolic pada forum tersebut. Banyak sekali orang yang sangat tertarik pada teknik yang demikian sederhana. Mereka tidak menyangka bahwa Wajanbolic e-goen sedemikian mudah dibuatnya.

Tentunya akan aneh di luar negeri jika kita menggunakan istilah 'wajanbolic' untuk antena parabola buatan Pak Gunadi karena 'wajan' adalah bukan bahasa Inggris.

Akhirnya, digunakan istilah 'Wokbolic' sebagai pengganti 'Wajanbolic' dalam bahasa Inggris. Terdengar aneh memang, namun memang begitulah adanya. 'Wok' adalah 'Wajan' dalam bahasa Inggris. Barangkali ini merupakan kontribusi bangsa Indonesia kepada bahasa Inggris dan dunia internasional.(detikcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar