Jumat, 12 Juni 2009

Suramadu Jelang Diresmikan



Proyek Jembatan Suramadu sudah 100% rampung. Semua fasilitas dan infrastruktur sudah tergarap sesuai planning. Presiden SBY akan meresmikan jembatan penghubung Surabaya-Madura, Rabu pukul 10.00 WIB.




Jalan pendekat (cause way), jembatan pendekat (approach bridge) sudah mulus atau layak untuk dilewati. Separator atau pembatas jalur Madura-Surabaya untuk sepeda motor atau pun mobil sudah selesai pemasangannya.



Infrastruktur yang lain seperti lampu penerangan sudah dipasang di jembatan begitu pula dengan rambu lalu lintas juga berdiri di ruas jembatan.

Pintu tol untuk sisi Madura dan sisi Surabaya juga sudah dibangun. Tiga pintu masuk untuk mobil dan dua pintu masuk untuk sepeda motor. Hal yang sama juga terlihat di sisi Madura.



Jalan akses dari sisi Surabaya sepanjang 4,35 km sudah selesai dibangun. Tapi jalan akses dari sisi Surabaya tidak diaspal melainkan dibuat dari beton.

Jalan akses sisi Madura sepanjang 11,5 km juga sudah bisa di lewati. Jalan akses di Madura menggunakan aspal. Tapi sementara ini, jalan akses sisi Madura yaitu causeway dipasang tenda besar untuk acara peresmian.



Semuanya sudah oke. Sudah layak untuk dilewati. Lampunya juga sudah terpasang semua," kata Menteri PU Djoko Kirmanto kepada wartawan di sela - sela melihat persiapan terakhir menjelang peresmian, Selasa (9/6/2009).



Total panjang jembatan senilai Rp 5 triliun adalah 5,438 meter. Lebar jembatan 2x15 meter. Lajur kendaraan 2x2x3.50 meter. Lajur darurat juga disiapkan 2x2.25 meter dan lajur sepeda motor 2 x 3.05 meter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar