Selasa, 03 April 2007

ARAB SAUDI KESAMPINGKAN PERTEMUAN DARURAT OPEC

New Delhi (ANTARA News) - Menteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Nuaimi, mengatakan, Selasa, tidak ada perlunya menggelar pertemuan darurat OPEC untuk membahas kemungkinan pengurangan produksi, karena situasi di pasar minyak mentah "sehat."

"Kenyataanya tidak ada alasan untuk suatu pertemuan darurat karena semua fundamental secara signifikan lebih sehat dari pada keadaan waktu pertemuan Doha (dalam bulan Oktober)," kata Nuaimi, seperti dilaporkan AFP.

Menteri perminyakan Arab Saudi itu berbicara di New Delhi pada suatu pertemuan para menteri perminyakan dari beberapa negara anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), termasuk Iran.

Menteri Saudi mengatakan pengurangan produksi yang sudah disepakati OPEC berjalan baik dan tidak perlu panik tentang harga harga minyak yang telah turun 14 persen sejak awal tahun 2007.

"Pasar tidak perlu panik dan ada suatu keperluan untuk melindungi kepentingan keduanya produsen dan konsumen. Pasar berada dalam suatu kondisi sehat dan bergerak ke arah yang benar," kata Nuaimi.

"Kami mengambil kebijakan dalam pertemuan di Doha dan Abuja dan saya yakin kebijakan tersebut berjalan baik," katanya.

"Inventori dalam kuartal keempat telah menurun, yang membuat pasar mendekati keseimbangan," kata Menteri Perminyakan Arab Saudi menambahkan.

Sumber :
• ANTARA ( kantor berita Indonesia )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar