Rabu, 25 April 2007

Rektor Perempuan Pertama di Arab Saudi

Raja Arab Saudi, Abdullah Bin Abdul Aziz, Jum'at 13 April 2007, mengeluarkan keputusan yang menetapkan Al-Jauharah sebagai rektor Universitas Riyadh khusus perempuan. Keputusan tersebut adalah keputusan pertama yang mengangkat seorang permepuan sebagai rektor universitas di negeri penghasil minyak tersebut. Selama ini jabatan rektor di universitas itu selalu dipegang oleh lelaki dan Al-Jauharah telah menjadi dekan fakultas pendidikan di universitas tersebut selama 10 tahun.

"Perempuan Arab Saudi banyak yang berhasil membuktikan kemampuannya selama masa pemerintahan Raja Abdullah Bin Abdul Aziz. Saya harap kaum permepuan juga bisa bekerja di bidang yang sebelumnya hanya didominasi lelaki," ujar Al-Jauharah pada harian Al-Watan. "Saya menyampaikan terima kasih kepada Raja dan Putra Mahkota atas kepercayaan yang diberikan kepada saya sebagai rektor. Saya berharap mampu mengemban misi yang dipercayakan mereka," ujarnya lagi.


Al-Jauharah bergelar doktor di bidang linguistik dan sastra Arab. Ia akan memimpin universitas yang memiliki sekitar 62 ribu mahasiswi di 23 jurusan, tiga di antaranya adalah jurusan yang baru saja dibuka yaitu komputer, ilmu administrasi dan sains.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar