Kamis, 12 April 2007

Israel Keberatan Amerika Jual Senjata ke Arab Saudi

Pemerintah Israel keberatan dengan rencana Petagon yang akan menjual sejumlah peralatan tempur modern kepada Arab Saudi.Israel khawatir senjata tersebut akan digunakan Negara Petrodolar itu untuk membantu perjuangan negara- negara Arab di Timur Tengah melawan Tel Aviv.


’’Departemen pertahanan Israel tengah melobi Washington agar tidak menjual senjata-senjata mutakhir kepada pemerintah Arab Saudi.Mereka tidak ingin kekuatan militer Israel di Timur Tengah terkikis akibat kebijakan AS,”demikian bunyi laporan New York Times(NYT) mengutip sejumlah pejabat Pentagon.


Juru bicara kementerian pertahanan AS Sean McCormack menolak berkomentar tentang laporan NYT. Dia hanya mengatakan, rencana penjualan senjata ke sejumlah negara di Timur Tengah menjadi fokus perbincangan di Kongres AS.


’’Kami memang sepakat untuk menjalin kerja sama militer dengan sejumlah negara di Timur Tengah, terutama Arab Saudi.Tapi, hingga saat ini, kami belum membuat keputusan akhir mengenai hal itu. Semuanya masih dalam tahap diskusi,”ujarnya. McCormack menyatakan,Arab Saudi telah mengalokasikan dana USD10 miliar atau sekitar Rp90 triliun untuk membeli sejumlah peralatan tempur, seperti tank, kapal perang,dan sistem antiserangan udara.


Sementara itu, militer Israel kembali menembak mati warga Palestina di Tepi Barat.Peristiwa ini terjadi sehari setelah militer Tel Aviv menembak mati seorang warga Nablus. (AFP/Rtr/NYT/imam gem) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar