Selasa, 03 April 2007

PSSI Berlatih ke China, Inggris, dan Arab Saudi

Tim nasional sepak bola Indonesia yang disiapkan tampil di putaran final Piala Asia 2007 kini berada di China untuk mengadakan laga uji coba dengan empat klub lokal. Sepulang dari China, para pemain akan berlaga di turnamen regional BC Cup Vietnam; lalu tampil di turnamen Piala Raja di Bangkok, Thailand; serta merencanakan berlatih di Birmingham, Inggris; dan Arab Saudi.

Sekretaris Jenderal PSSI Nugraha Besoes menjelaskan, rangkaian program pemusatan latihan nasional (pelatnas) itu dijalankan agar tim Indonesia dapat mencetak prestasi signifikan. "Setidaknya bisa mencapai babak kedua, syukur-syukur bisa lebih dari itu. Sebagai salah satu tuan rumah, kita berharap penampilan tim nasional kita layak dibanggakan," kata Nugraha Besoes, Senin (9/10).

Menurut Nugraha, alasan pemilihan China, Inggris, dan Arab Saudi sebagai tempat berlatih dan beruji coba tak lain karena kualitas persepakbolaan ketiga negara itu jauh lebih baik daripada Indonesia. "China dan Arab Saudi bisa dikatakan negara-negara papan atas sepak bola Asia. Sementara Inggris, kita tahu sendiri, metode pelatihan sudah tertata baik sehingga pilihan ke Birmingham jelas tidak keliru," ujarnya.

Faktor lain yang juga berpengaruh adalah karena Peter Withe, pelatih tim nasional, yang mantan pemain klub Liga Utama Inggris, Aston Villa, dan eks striker tim Inggris. "Sehingga Peter Withe punya akses di Inggris," ujar Nugraha lagi. Pelatnas di Inggris akan berlangsung Maret hingga April, sedangkan program di Arab Saudi pada bulan Juni.

Belum pernah lolos dari grup

Indonesia yang menjadi salah satu tuan rumah putaran final Piala Asia 2007—selain Malaysia, Thailand, dan Vietnam—secara otomatis langsung berlaga di putaran final. Sejauh ini tim Merah-Putih belum pernah lolos ke babak kedua putaran final Piala Asia, baik pada tahun 1996, 2000, maupun 2004.

Pada tahun 2004, meski gagal lolos dari penyisihan grup, tim Merah-Putih sempat mengejutkan dengan kemenangan 2-1 atas Qatar. Namun, karena dalam dua laga berikutnya kalah dari China yang lalu menjadi finalis dan Bahrain yang kemudian mencapai semifinal, tim Indonesia tersisih di tingkat grup.

Di tingkat regional Asia Tenggara, Indonesia hanya dua kali meraih medali emas Pesta Olahraga Asia Tenggara (ASEAN), yakni tahun 1987 dan 1991. Namun, Indonesia belum pernah menjuarai Piala Tiger karena terus kandas di final, yakni pada 2000 dan 2002 dari Thailand serta 2004 dari Singapura.

Sumber :
• http://www.zonabola.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar